SUARA USU
Kabar SUMUT

Public Seminar, Pemuda Berkarya Indonesia Berdaya

Penulis: Widya Azh Hari

Suara USU, Medan. Pada acara PUBLIC SEMINAR “Pemuda Berkarya Indonesia Berdaya” pada (11/3/2021) via zoom dan youtube live streaming, pukul 08:00-12:00 wib. Acara ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi yang pertama dari pukul 08:00 s/d 10:00 wib dan sesi kedua dari pukul 10:00 s/d 12:00 wib. Ada 90 orang peserta yang mengikuti PUBLIC SEMINAR tersebut dari beberapa kota besar di Indonesia seperti, Medan, Palembang, Bogor, Bekasi, Surakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Depok, Tanggerang, Jambi, Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

PUBLIC SEMINAR mendatangkan 4 narasumber, yaitu sebagai berikut :

1.Dwi Kartika Sari

– XL Future Leaders Program Leader

Beliau memiliki salah satu prestasi, di antaranya  Kursus Three week course : Youth Training Program for Technical communication in Internasional forum Menpora. Jakarta, Jully 2000.

2.M . Indre Wanof

– Co Founder dan CMO Kampung Course

– Founder Ota Community

Beliau berasal dari Provinsi Jawa Timur Kab. Kediri. Beliau juga memiliki beberapa prestasi di antaranya :

  • 2 Years as Founder dan CEO OTA Community
  • 1 Years as Founder dan CEO Ular Tangga Bahasa Game
  • 3 Years as Co-Founder dan CMO CV.Kampung Course Indonesia
  • 2 Years as Chief of Internasional Relations of Info National Event.com
  • 1 Years as The Head of International Village Karawang Youth Program
  • 3 Years as Debate Couch in Universitas Islam Kediri
  • 6 Years as English Teacher In Pare, Kampung Inggris
  • 2 Years as Event Organizer

3.Irwan Saputra

– Inisiator Perpustakaan Terapung

– CO- Founder dan CEO one click Democrary

– Lulusan The George Washington University US

Beliau dari kota Pematang Siantar.

4.Jaya Setiawan Gulo

– ASN Kementerian Keuangan RI

– Founder of jadi PNS

Beliau dari kota Pematang Siantar. Beliau juga memiliki beberapa prestasi atau sebuah pencapaian di antaranya :

  • Jaya Setiawan Gulo meraih penghargaan Top 3 PNS inspiratif pada tahun 2019
  • Meraih piala Adhigana kategori PNS inspiratif dalam ajang Anugerah ASN pada tahun 2019 yang diadakan kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)
  • Jaya Setiawan Gulo pernah menjadi pembicara di berbagai Negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Azerbajian, Italia, Thailand, dan lain-lain.
  • Jaya Setiawan Gulo berhasil meraih penghargaan dari berbagai organisasi seperti US Departement of State, United Nations Environment Programme (UNEP), United Nations Food and Agriculture Organization ( UN FAO), United Nations Entity Dedicated to Gender Equality and The Empowerment of Women (UN Women), dan organisasi lainnya.
  • Jaya Gulo juga meraih penghargaan Pegawai Berprestasi Ditjen Bea dan Cukai 2018, Pegawai inspiratif Direktorat Jenderal Bea dan Cukai 2018, Pegawai Berprestasi Kementerian Keuangan 2018.

Irwan Saputra selaku narasumber mengatakan, “Jangan pernah mengeluh karena karena masih banyak jalan yang akan kita lalui ini kedepan. Dan tetap melakukan hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.”

Peserta pelatihan generasi cakrawala 4.0, Muhammad Alif Alfaruqi dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menyampaikan,  “ Kesan saya setelah mengikuti acara PUBLIC SEMINAR yang diselenggarakan oleh FIM ini, saya merasa menjadi pemuda yang beruntung di antara pemuda lainnya.  Saya diberi kesempatan untuk bisa mengikuti pelatihan Generasi Cakrawala 4.0. Saya bertemu dengan pemateri-pemateri yang luar biasa. Dari seminar ini, saya mendapatkan banyak sekali ilmu yang tidak saya dapatkan di dunia perkuliahan bahkan di organisasi lain. Pemateri-pemateri yang sangat luar biasa mampu merubah mindset saya pribadi, dan disini saya mulai bisa menemukan jati diri yang selama ini ingin saya ciptakan.”

Muhammad Alif Alfaruqi berharap semoga pemuda diluar sana dapat berproses dan mengikuti PUBLIC SEMINAR  seperti yang dilaksanakan FIM.

Angela dari Universitas Nusa Cendana mengatakan,  “Semua materi yang diberikan sangat sesuai dengan keadaan kami kaum muda dan juga menjawab keresahan yang timbul dalam kehidupan kami sebagai kaum muda, juga moderator, panitianya cukup kreatif dan tidak monoton dalam melaksanakan acaranya,” tutupnya.

Redaktur: Zukhrina Az Zukhruf


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Efektivitas Asistensi Rehabilitasi Sosial Berbasis Residensial Terhadap Korban Penyalahgunaan NAPZA di Sentra “Insyaf” di Medan!

redaksi

Tanggapan Tenaga Pengajar Terkait Pembelajaran Daring Memasuki Tahun Ajaran Baru

redaksi

Mahasiswa Administrasi Bisnis Pelajari Strategi Marketing yang Efektif dalam Meningkatkan Minat Nasabah Dalam Membuka Rekening Tabungan Easy Wadi’ah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Kabanjahe

redaksi