SUARA USU
Film

The Pope’s Exorcist

Oleh : Grace Pandora Sitorus

Suara USU, Medan. The Pope’s Exorcist adalah sebuah film horror, thriller yang sudah tayang sejak 7 April 2023. Film ini diangkat dari kisah nyata pastor Gabrielle Amorth. Beliau merupakan seorang pastor kepala pengusir setan di Gereja Vatikan. Sepanjang hidupnya, ia sudah melakukan lebih dari 1.000 kali pengusiran setan. Pengalamannya itu dibukukan dalam An Exorcist Tells His Story dan An Exorcist: More Stories by Gabriele Amorth. 

Film yang berlatar pada tahun 1987 ini, diawali dengan Pastor Gabriele Amorth (Russell Crowe) yang bertugas menemui seorang pemuda yang kerasukan roh jahat. Usai kejadian tersebut, Amorth justru disidang karena dianggap melakukan pelanggaran dan diminta untuk meninggalkan posisinya. Di sisi lain, Julia beserta dua anaknya yang bernama Amy (Laurel Marsden) dan Henry (Peter DeSouza-Feighoney) baru saja bertolak ke Spanyol untuk merenovasi dan tinggal di sebuah biara tua peninggalan mendiang suami dan ayah mereka. Seiring waktu, kejanggalan demi kejanggalan mulai terjadi hingga Henry jatuh sakit dan mengalami kesurupan. Mengetahui kondisi kesehatannya normal, Julia kemudian memanggil pastor Esquibel (Daniel Zovatto) untuk membantunya. Namun, iblis yang merasuki Henry tak menginginkan Esquibel, melainkan pastor lain untuk menjadi lawannya. Amorth kemudian diutus oleh Sri Paus untuk memeriksa dan membantu anak laki-laki tersebut. Setibanya di biara, Amorth menemukan banyak kejanggalan, termasuk energi kuat dari iblis yang berada di dalam tubuh Henry. Pertarungan antara Amorth dan iblis terus berlanjut dengan membuka kejadian masa lampau yang tak terduga.

Film yang disutradarai oleh Julius Avery ini menampilkan plot pembukaan yang cepat demi menjelaskan awal mula kisah. Namun setelah memasuki pertengahan kisah plotnya dilanjutkan dengan penjelasan yang apik dan mendetail. Suasana horor dalam film ini juga terasa nyata, terutama kualitas audio yang memberikan sensasi yang lebih menegangkan.  Hal menarik lainnya yang dapat ditemui adalah kita akan diajak menelusuri kisah legenda tentang perlawanan antara pastor dan Asmodeus, Raja Neraka. 

Film The Pope’s Exorcist ini menghadirkan ”sesuatu” yang berbeda dengan film yang  bergenre sama. Film ini cenderung meninggalkan kesan mengerikan daripada menakutkan. Plot yang minim jumscare dalam film ini membuat film ini lebih realistis. Dengan demikian film ini dapat dinikmati oleh para pencinta horor yang mungkin takut dengan jumpscare karena selain kisahnya dirangkum dengan penuh mengerikan tanpa jumpscare, film ini juga dibaluti dengan beberapa komedi dan lelucon. Bagi yang penasaran kelanjutan dari kisah pastor Amorth jangan lupa nonton, ya! 

Redaktur : Tamara Natasya Lubis


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Tiger 3, Kembalinya Aksi Para Agen Elit!

redaksi

Ngakak Terbatak-batak Lewat Film Agak Laen

redaksi

It’s Okay Not to Be Okay: Belajar untuk Menerima Kelemahan Diri Sendiri

redaksi