SUARA USU
Life Style

UTBK Di Depan Mata, Ini Dia Staterpack yang Harus Kamu Siapkan

Oleh: Habibullah Al Magribi Muhammad

Suara USU,Medan. Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 merupakan seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai ketentuan yang ditetapkan PTN Akademik, PTN Vokasi, atau Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN) yang bersangkutan. Seleksi dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

Apa aja sih yang harus dipersiapkan untuk UTBK SNBT kali ini? Berikut merupakan 5 hal yang harus kamu persiapkan.

  1. Mengetahui Lokasi Penyelenggaraan Tes UTBK

Pada saat mendaftarkan diri untuk mengikuti UTBK-SNBT, calon peserta mendapatkan pilihan lokasi pelaksanaan tes. Setidaknya, terdapat 74 lokasi penyelenggara atau pusat UTBK yang tersebar di berbagai universitas di Indonesia. Bahkan, terdapat 51 lokasi khusus yang diperuntukkan bagi penyandang tuna netra.

Sebelumnya, peserta telah diimbau untuk memilih lokasi yang paling dekat dengan tempat tinggalnya. Itu bertujuan untuk menghindari kemungkinan terburuk seperti tersesat saat menuju lokasi. Maka, pastikan kamu sudah mengetahui lokasi pelaksanaan tesnya.

  1. Pakai Masker dan bawa Hand Sanitizer

Dalam pelaksanaan UTBK-SNBT 2023, seluruh peserta wajib menaati protokol kesehatan. Untuk itu, kamu diwajibkan memakai masker dan membawa hand sanitizer diperuntukkan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Persiapkan Dokumen dan Identitas

Salah satu yang diwajibkan saat pelaksanaan tes UTBK adalah membawa berkas-berkas yang berhubungan dengan data diri dan kepentingan tes. Persiapkanlah berkas yang dibutuhkan ke dalam tas yang akan kamu bawa agar tidak luput. Adapun beberapa berkas tersebut, di antaranya:

  1. Kartu peserta SNBT
  2. Kartu identitas (kartu siswa/KTP/paspor)
  3. Surat Keterangan Lulus asli (bagi peserta angkatan 2023)
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisasi (untuk angkatan 2021 dan 2022)
  5. Memakai Pakaian Formal dan Sepatu

Sudah sepantasnya saat mengikuti tes UTBK kamu memakai pakaian formal, bukan kaos oblong. Selain itu, kamu juga wajib menggunakan sepatu, loh. Tidak wajib dengan setelan hitam putih, tapi pastikan sopan, ya.

  1. Ingat dan Catat Tanggal Tes

Pastikan kembali tanggal penyelenggaraan tes, kamu bisa menandainya di kalender sebagai reminder. Jika kamu melupakan tanggal penting ini, maka semua persiapanmu sebelumnya akan sia-sia.

Redaktur: Tamara Ceria Sairo


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Ecobrick, Solusi Utama Pemanfaatan Sampah Anorganik

redaksi

Pengembangan Karir dan Work Life Balance Dalam Mendorong Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Bank X

redaksi

Simak Tips Aman dan Nyaman saat Mudik Lebaran!

redaksi