Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

36,1 % Mahasiswa Baru di USU Kurang Siap Kuliah Daring

 

Penulis : Wiranto Asruri Siregar

Suara USU, Medan. Untuk mengetahui kesiapan mahasiswa baru di Universitas Sumatera Utara (USU) dalam menghadapi kuliah daring, pada 17 September 2020 lalu, Suara USU mengadakan jajak pendapat melalui Google Form.

Jajak pendapat dengan judul “Pendapat Mahasiswa Baru Tentang Pelaksanaan Kuliah Daring di USU” itu, diisi 147 responden yang merupakan mahasiswa baru dari berbagai jurusan di USU.

Berdasarkan hasil jajak pendapat tersebut, sebesar 93 responden (63,3%) merasa siap untuk mengikuti kuliah daring, 53 responden (36,1%) kurang siap dan 5 responden (3,4%) tidak siap untuk mengikuti kuliah daring.

  • Grafik jajak pendapat

Salah satu mahasiswa baru Jurusan Teknik Sipil, Sebastianus Ferdinand Sitindaon menjawab siap untuk mengikuti kuliah daring.

“Karena di saat pandemi seperti ini, kuliah daring menjadi salah satu solusi untuk tetap terlaksananya proses kegiatan perkuliahan,” tulisnya pada kolom kuesioner.

Namun hal berbeda juga diungkapkan beberapa mahasiswa. Seperti yang dialami Jihan Nisrina, Mahasiswa Sastra Arab angkatan 2020. Nisrina mengungkapkan, hambatan untuk kuliah daring salah satunya disebabkan koneksi yang tidak stabil di daerahnya.

“Jika perkuliahan dilakukan secara daring, maka proses pembelajaran terasa kurang efektif. Kami mengalami kesulitan dalam memahami materi, apalagi kami mahasiswa semester pertama yang belum memahami dasar-dasar ilmu dari jurusan kami. Lokasi tempat kami tinggal juga sering mengalami kendala akses internet,” tulisnya di jajak pendapat tersebut.

Minimnya informasi mengenai pelaksanaan kuliah daring dari pihak kampus, ditengarai juga menjadi sebab kurangnya kesiapan mahasiswa baru. Inilah yang dikeluhkan oleh mahasiswa baru Ilmu Keperawatan, Novianti Sastra Dewi.

“Informasi yang diberikan belum sepenuhnya terperinci dan masih ada beberapa kendala,” tulis Novi pada kolom kuesioner.

Selain itu, ia juga berharap bantuan hingga kemudahan dari pihak kampus dan pemerintah demi keefektifan kuliah daring di tengah pandemi.

Dari beragam jawaban, ternyata dapat disimpulkan bahwa mayoritas mahasiwa sudah siap menghadapi kuliah daring. Namun beragam faktor seperti kesulitan akses internet di daerah tertentu, menjadikan faktor kendala bagi mahasiswa baru untuk kuliah daring.

Penyunting: Kurniadi.

Related posts

Rekrutmen Terbuka Kabinet Restorasi, Langkah Awal Wujudkan PEMA FKM yang SEHATI!

redaksi

Kepengurusan Suara USU Periode 2021/2022 Dimulai, Ini Harapan Pimpinan Umum Baru

redaksi

Dua Hari Masa Pengaduan Pemira USU

redaksi