SUARA USU
Kabar Kampus

Beri Sambutan PKKMB USU 2020, Menteri Nadiem Tekankan Semangat Juang Bagi Mahasiswa

Mendikbud Nadiem Makarim dalam sambutannya pada PPKMB daring USU 2020

Oleh: Muhammad Fadhlan Amri

Suara USU, Medan. Karena pandemi yang belum juga usai, menyebabkan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada Senin pagi, (28/09/2020) Universitas Sumatera Utara (USU) resmi membuka PKKMB secara daring melalui aplikasi Zoom.

Dengan tema “Dunia Pendidikan Generasi Millenial Menghadapi New Normal”, PKKMB daring ini diikuti oleh 10.110 mahasiswa baru dari berbagai jurusan dan daerah. Acara yang juga disiarkan langsung melalui akun Youtube Biro Kemahasiswa dan Kealumnian USU ini diawali dengan perkenalan sejarah berdirinya USU, lokasi, fasilitas, serta pelayanan dan segala hal mengenai Universitas Sumatera Utara.

PKKMB  daring ini dibuka  oleh  Rektor Universitas Sumatera Utara, Runtung Sitepu. Pada sambutannya, ia berujar agar kebahagiaan dan kebanggaan yang ia rasakan dalam menyambut seluruh mahasiswa baru dapat juga dirasakan mahasiswa baru tersebut. Meskipun PKKMB kali ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya.

“Kali ini, kita tidak dapat secara leluasa melaksanakannya secara luring atau tatap muka. Kami harap status baru yang disandang oleh mahasiswa USUdapat memotivasi anak-anak semua untuk berjuang lebih gigih, hingga meraih gelar sarjana nantinya di USU ini,” ucap Runtung.

“Semoga dari tangan kalian, akan lahir jejak-jejak prestasi spektakuler lainnya yang  mengharumkan nama Universitas Sumatera Utara, baik di kancah nasional maupun internasional. Semoga kelak kalian juga mampu meraih impian dan cita-cita kalian serta menjadi kebanggan Orang tua , Negara dan bangsa Indonesia,” tutup Rektor USU itu.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, juga turut ambil bagian dalam acara penyambutan mahasiswa baru USU kali ini. Dalam kesempatannya, Nadiem menjelaskan tentang adaptasi baru dalam dunia pendidikan.

“Kita masih terus berjuang di tengah pandemi Covid-19. Namun disisi lain, pandemi memberikan banyak hikmah pembelajaran bagi kita semua. Metode pembelajaran berbasis teknologi, termasuk pembalajaran secara daring, menjadi suatu hal yang harus kita adaptasikan dan kembangkan, seiring dengan perkembangan dinamika kurikulum yang perlu dilakukan oleh pihak perguruan tinggi,” ucap Nadiem dalam sambutannya.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa baru dari rektor ke masing-masing dekan di lingkungan Fakultas Universitas Sumatera Utara. Yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bendera yang diawali dengan Fakultas Kedokteran.

Penyunting: Riska Apsari

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Evaluasi Kinerja 2 Tahun Jokowi Ma’ruf Amin, BEM SI Sumbagut Gelar Aksi

redaksi

Analisis Peranan Mesin Elektronik Data Capture (EDC) dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia

redaksi

IMAHARA FH USU Dorong Kepekaan Isu Sosial Terkait Ketenagakerjaan

redaksi