SUARA USU
Kabar Kampus

Coffee Night in Silahi 2 Sabungan: Pemaparan Hasil Penelitian dan Program Kerja

Reporter: Anna Fauziah

Suara USU, Medan. Tim Praktikum Kerja Lapangan Antropologi Desa Silahi 2 Sabungan, Kabupaten Dairi memaparkan hasil penelitian dan program kerja di kegiatan Coffee Night. Tim Praktikum Kerja Lapangan Antropologi melakukan wawancara secara langsung bersama warga setempat selama 30 hari, mulai dari tanggal 09 Oktober hingga 09 November 2023.

Penelitian ini membawakan tema “Dampak Pariwisata terhadap Perekonomian Masyarakat Silahi Sabungan”. Selain penelitian, mereka juga melakukan kegiatan mengajar ke sekolah-sekolah di Desa Silahi 2 Sabungan. Beberapa sekolah yang menjadi tempat mengajar, yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sabungan, Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Silalahi Sabungan , Sekolah Dasar 030342  dan Sekolah Dasar 030343.

Tim Praktikum Kerja Lapangan Antropologi juga melakukan kegiatan diskusi kepemudaan bersama Organisasi Orang Muda Katolik dan Kelompok Karyawan Muda Katolik. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 50 orang meliputi para kelompok pemuda dan pemudi Desa Silahi Sabungan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Sopo Godang , Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi.

Wily Simbolon, Ketua Kelompok Praktikum Kerja Lapangan menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pihak Tokoh Agama , Tokoh Adat Raja Turpuk, Camat Silahi Sabungan, Kepada Desa Silahi 2, Kepada Sekolah Dasar Negeri 030342, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 , Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dan Polres Dairi yang langsung hadir dalam kegiatan Pemaparan Hasil Penelitian .

“Kegiatan kami disini bukan hanya sekedar melakukan penelitian, akan tetapi melakukan kegiatan diskusi kepemudaan dan mengajar ke setiap sekolah yang ada di desa ini,” ungkap Wily.

Saat melakukan penelitian, para tim mengalami beberapa tantangan karena sulitnya akses jalan di sekitaran desa. Hal ini dialami mereka saat hendak mengunjungi salah satu sekolah untuk mengajar.

“Yang paling menarik adalah ketika mengajar ke Sekolah Dasar Negeri 030343 yang aksesnya sangat sulit di lalui oleh kendaraan dikarenakan jalanan sangat sempit diselingi pepohonan dan jalan berbatuan,” kata Wily.

“Sekolah tersebut hanya berjumlah 12 siswa dan berbatasan langsung antara Dairi dengan Samosir sehingga ada tantangan bagi kita untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi memberikan pengabdian kepada Sekolah tersebut walaupun jarak tempuh dari lokasi penginapan sekitar 45 menit tidak melunturkan semangat untuk mengajar di Sekolah tersebut”, tambahnya.

Penutupan acara Coffee Night diawali dengan doa Pembuka dilanjutkan dengan Penampilan Sanggar Tari dan Kata Sambutan dari Polres Dairi, Camat Silahi Sabungan, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adat Raha Turpuk dan perwakilan dari tim Praktikum Kerja Lapangan Antropologi. Acara kemudian dilanjut dengan pemutaran vidio selama kegiatan dan pemaparan hasil penelitian dilapangan meliputi saran beserta solusi yang diberikan Tim Praktikum Kerja Lapangan kepada para hadirin.

Acara ditutup dengan hiburan sanggar tari serta pemberian sebuah tulisan berupa hasil penelitian Mahasiswa Antropologi selama melakukan kegiatan penelitian 30 hari di Desa Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

 

Redaktur: Anggie Syahdina Fitri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Dukung Semangat Emas Para Wirausaha dan Mahasiswa Lewat Marketpreneur 2023

redaksi

UU Tentang Contempt of Court Demi Tegaknya Keadilan

suarausu

Rimbapala Raih Juara Harapan I Lomba Lintas Hutan Tropis

redaksi