SUARA USU
Kabar Kampus

Dialog Interaktif Enterpreneur Hub, Menteri Kemenkop UKM Optimis UKM Anak Muda Akan Terus Meningkat

Reporter: Arief Budi Mulia

Suara USU, Medan. USU telah melaksanakan Dialog Interaktif bersama Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki. Kegiatan tersebut berlangsung di auditorium USU pada Senin (15/05). Wali Kota Medan, Bobby Nasution juga turut hadir dalam kesempatan ini.

Teten Masduki dalam dialog interaktif yang berlangsung, menjelaskan bahwa pemerintah akan terus membantu pengembangan untuk meningkatkan kewirausahaan, khususnya generasi Z. Teten menjelaskan bahwa Presiden Jokowi sedang mempersiapkan Indonesia menjadi negara maju. Salah satu hal yang dapat membantu Indonesia menjadi negara maju adalah dengan meningkatkan kewirausahaan nasional, yaitu melalui UKM.

Pada Perpres Kewirausahaan No. 2/2022 tentang pengembangan kewirausahaan nasional tahun 2021-2024, kewirausahaan sangat diperlukan untuk mengejar ketertinggalan jumlah wirausaha di Indonesia yang masih mencapai 3,47%. Pemerintah menargetkan pertumbuhan rasio kewirausahaan pada 2024 mencapai 3,95% agar struktur ekonomi nasional lebih kuat.

Negara maju memiliki rasio kewirausahaan 12%, Indonesia masih jauh dari hal itu, tetapi Teten Masduki percaya bahwa Indonesia siap melangkah jauh ke depan. Teten yakin bahwa beberapa tahun ke depan kewirausahaan Indonesia akan meningkat karena anak muda banyak yang ingin menjadi seorang pebisnis.

“Berdasarkan data kami, rata-rata anak Indonesia banyak yang ingin menjadi pebisnis, sekitar 70%. Ketika ditanya sudah sedikit yang ingin menjadi PNS,” ungkap Teten.

Program Entrepreneur Hub mencoba untuk membantu anak-anak muda untuk mengenalkan produknya dan membantu untuk memulai bisnis. “Workshop ini membantu para entrepreneur muda dalam menghubungkan ke semua ekosistem usaha untuk memulai bisnis,” ungkap Teten.

Beberapa pelaku UKM mengenalkan usaha dan produknya dalam workshop ini, seperti produk olahan daun kelor, kopi, event organizing, pemanfaatan limbah PLT Batubara untuk mengurangi banjir, hasil hidroponik, kerajinan sulaman, dan aplikasi jual sampah online. Beberapa pelaku UKM juga banyak mengenalkan produk dan menjualnya dalam workshop yang digelar di auditorium USU tersebut.

Menteri Kemenkop UKM Teten Masduki meminta kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution saling membantu para entrepreneur UKM. Teten berharap agar para pelaku UKM lebih mengkreasikan produknya menjadi unik agar mendapat nilai jual dan mampu bersaing. “Coba lebih kreasikan agar lebih menjanjikan untuk dijual ke luar negeri,” ungkap Teten.

Teten juga menghimbau agar anak-anak muda jangan takut untuk berbisnis karena peluang dalam bisnis sangat menjanjikan. “Pemerintah akan membantu adik-adik USU yang ingin berbisnis. Jika barangnya menjanjikan dan risetnya sudah jelas maka pemerintah akan langsung membantu”, tutup Teten.

Redaktur: Anna Fauziah Pane

Related posts

Budidaya Tanaman Bersama UKM Himadita Nursery Fakultas Pertanian

redaksi

Peran Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid 19

redaksi

Harap Tumbuhkan Jiwa Kompetisi dan Wadah Pengembangan Diri, PEMA FK USU Gelar PESCO 2021!

redaksi