Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Menulis dan Menembus Media Massa Bersama IPPSU

Para peserta, pemateri, serta pengurus IPPSU pada acara webinar Tips Artikel Menembus Media Massa. Kamis (29/10).

Penulis: Tabas Gabe Mulia

Suara USU, Medan. Ikatan Pendidik Penulis Sumatera Utara (IPPSU) pada Kamis, (29/10) menggelar webinar dengan tema “Tips Artikel Menembus Media Massa”. Webinar yang didukung oleh Media Indonesia, mediaguru.id dan Suara USU ini, menghadirkan keynote speaker Ketua Dewan Redaksi Media Group Usman Kansong dan Pimpinan Redaksi MediaGuru Eko Prasetyo.  Webinar ini juga dipandu oleh Sekretaris Umum IPPSU, yang juga pendiri Suara USU, M Rusli Harahap.

Webinar ke-3 IPPSU ini juga dihadiri oleh tenaga pendidik yang tergabung dalam komunitas Ikatan Pendidik Penulis Sumatera Utara (IPPSU) dan pendidik yang berasal dari daerah lain. Seperti pendidik dari Kepulauan Riau, Sumatera Barat, hingga Pulau Jawa.

Pemateri pertama, Usman Kansong, membawakan materi “Menulis Opini”. Dalam penjelasannya, ia banyak menjelaskan tentang bagaimana cara menulis opini yang baik dan dapat menembus media massa.

Tak hanya membagikan kiat-kiat menulis, Usman juga memaparkan kriteria penulisan opini yang baik, serta motivasi yang dibagikan oleh Usman untuk membangkitkan semangat para peserta selama webinar berlangsung.

Dalam pemaparannya, ia juga mengutip kata-kata dari Pramoedya Ananta Toer yang berbunyi “Orang-orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian,” kutip pria lulusan Ilmu Komunikasi itu.

Dalam suatu pertanyaan yang dilontarkan peserta webinar, Usman Kansong menceritakan bagaimana perjalanannya dalam menulis artikel dan opini yang dimulai dengan diterbitkannya tulisannya di Suara USU. Kemudian hobi menulisnya itu terus ia perluas dengan menulis dan menembus banyak media massa lokal maupun ternama.

“Kamu adalah apa yang kamu tulis, dengan menulis orang lain akan melihat cerminan dari dirimu yang sebenarnya. Untuk memiliki kemampuan menulis kita harus rajin membaca, karena kita tidak akan memiliki kemampuan menulis yang baik jika tidak pernah membaca,” papar Pria yang juga anggota MWA USU itu.

Selanjutnya dalam sesi kedua, Eko Prasetyo, Pimpinan Redaksi MediaGuru dalam penjelasannya memaparkan bagaimana berjuang untuk meningkatkan literasi yang saat ini sudah mulai menurun.

“Saya mengajak kita untuk meningkatkan pentingnya literasi. Literasi kita tanamkan dalam jiwa kita. Banyak perpustakaan yang menyediakan buku buku yang bagus untuk dapat diulas, hal ini yang dapat kita jadikan autokritik yaitu memberikan ulasan terhadap lembaga atau profesi kita. Dan dengan itu, tulisan kita dapat menjadi teguran dan saran bagi pemerintah dalam melaksanakan kebijakannya. Tulisan dapat mengubah segalanya,” papar pria 38 tahun itu.

Untuk meningkatkan antusiasme yang lebih besar lagi, para penyelenggara webinar ini juga mengadakan kuis yang membagikan buku karya pembicara Usman Kansong dan juga Eko Prasetyo secara gratis.

Dalam penutup singkat, Rusli Harahap, moderator acara ini juga mengajak para pendidik untuk mulai aktif menulis. Ia juga menginformasikan kepada peserta untuk mengikuti acara IPPSU lainnya.

“Terima kasih kepada pada peserta dari anggota IPPSU maupun pendidik dari daerah lain,” ucap Rusli.

“Mudah mudahan kita akan terus bersama dengan menggali banyak ilmu lagi dan berbagi tentang bagaimana kiat kiat menulis dan hal hal yang penting untuk berkarya lebih baik lagi,” tutup Wiwik Puspitasari selaku moderator kedua dan menutup acara webinar hari ini.

Redaktur tulisan: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Podcast “Malam Ini”, Belajar Filosofi Kehidupan dari Mahasiswa USU

redaksi

Viral Nyanyian Profesor USU Dibuat Hanya Dalam Satu Hari

redaksi

Demo Menuntut Harga BBM Diturunkan, 4 Mahasiswa Diamankan Pihak Kepolisian

redaksi