SUARA USU
Agenda Kabar SUMUT

MTQ ke-56 Kota Medan Terlaksana, Berikut Rangkumannya!

Reporter: Anna Fauziah Pane/Tsabitah Syafanaura/Siti Annisa

Suara USU, Medan. Pemerintah Kota (Pemko) Medan secara resmi mengadakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-56 tingkat Kota Medan yang telah berlangsung sejak 25 Februari hingga 04 Maret 2023 di Stadion Mini Universitas Sumatera Utara. Medan Baru menjadi tuan rumah untuk kegiatan MTQ ke-56 ini. Acara ini dibuka pada Sabtu, (25/02) dengan dilakukannya pawai ta’aruf dari pintu 1 menuju pintu 4 USU.

MTQ ke-56 kota Medan ini diikuti oleh peserta yang telah terdaftar dari utusan setiap kecamatan se-kota Medan, Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta dengan jumlah pendaftar sebanyak 658 orang. Logo dari MTQ ke-56 ini diambil dari miniatur atau bentuk masjid islamic center yang akan mulai dibangun Pemko Medan pada tahun ini. Dalam kesempatan ini, Walikota Medan memohon doa dan dukungan agar program dan pembangunan islamic center yang akan dimulai di tahun ini bisa terbangun dengan baik dan bisa sesuai jadwal.

Muhammad Sofyan S.Sos, M.A.P selaku Ketua Panitia MTQ Ke-56 memaparkan laporannya pada penutupan lalu. Babak penyisihan MTQ Kota Medan yang ke-56 berlangsung sejak tanggal 25 Februari – 01 Maret 2023 mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 23.30 malam yang diikuti oleh 164 peserta setiap harinya. Cabang-cabang yang diperlombakan pada MTQ Kota Medan ke-56 ini memasuki babak final pada hari Kamis dan Jumat tanggal 2-3 Maret 2023. Terdapat uang pembinaan untuk para pemenang. Khusus juara 1 mujawwad dewasa putra putri, juara 1 tahfidz 30 juz putra putri, dan juara 1 tafsir bahasa arab putra putri, akan mendapat uang pembinaan sebesar 25 juta rupiah. Selain itu, ada juga uang pembinaan untuk pemenang pawai ta’aruf dan stand.

Yang paling ditunggu-tunggu dari penutupan ini adalah pengumuman juara umum. Kecamatan Medan Belawan berhasil meraih juara umum MTQ Ke-56 Kota Medan. Kemudian yang tidak kalah penting dari penutupan MTQ ini adalah pengumuman tuan rumah untuk MTQ tahun depan, yaitu Kecamatan Medan Tuntungan.

Dengan terlaksananya kegiatan MTQ ini, Bobby Nasution selaku Wali Kota Medan mengungkapkan rasa syukurnya.

“Dengan acara ini terselenggara dengan baik, tentunya rasa syukur kita haruslah bisa melihatkan dampak dari MTQ ke-56 yang kita gelar setelah dicabutnya aturan PPKM, ini harus bisa kita lihat dampaknya kepada moral, kepada pembangunan Kota Medan, yang mudah-mudahan dampak dari MTQ ke-56 ini benar-benar bisa kita rasakan semua,” ungkap Bobby.

Dalam menyukseskan acara MTQ ini terdapat banyak pihak yang turut berperan, mulai dari Kecamatan Medan Baru selaku tuan rumah, Pemko Medan, dan Event Organizer Yohara Gemilang selaku eksekutor.

“Untuk Medan Baru sendiri menjadi panitia dalam event besar kali ini “MTQ”. Seperti yang kita ketahui setelah Covid, ini adalah MTQ yang pertama kali di Kota Medan. Untuk Medan Baru sendiri selalu bekerja sama juga, baik dari pemerintahan Kota Medan, dan juga pihak swasta yang membantu kita. Dalam hal ini kami juga dibantu oleh pihak event organizer (EO),” ujar Novi selaku Sekretaris Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Medan Baru.

Berdasarkan informasi yang didapat dari event organizer, persiapan pelaksanaan MTQ kali ini memakan waktu yang cukup singkat, yaitu kurang lebih satu bulan. Ajib selaku event organizer juga mengungkapkan bahwa MTQ kali ini memiliki warna yang berbeda sehingga dapat menggugah masyarakat untuk turut meramaikan.

“Cakupannya cukup luas, warna (yang dimaksud) itu seperti UMKM, kita berdayakan masyarakat untuk berjualan, pedagang-pedagang kaki lima kita buat berjualan di event ini,” ungkap Ajib. Di samping itu, menurut Ajib yang tidak kalah penting adalah posisi MTQ kali ini yang dilaksanakan di USU. Hal tersebut juga sangat mempengaruhi antusias masyarakat.

Puluhan booth yang terdapat pada MTQ kali ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi msyarakat. Terhitung ada 16 booth Dinas Kota Medan dan 21 booth dari masing-masing kecamatan di Kota Medan. Adapun tujuan dari diadakan booth ini adalah untuk mendorong UMKM khususnya yang berada di kecamatan masing-masing untuk dipromosikan pada MTQ Ke-56 ini.

Redaktur: Yohana Situmorang


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Lipma Batang Toru Rayakan Dies Natalis ke-3 di Wisata Aek Partudungan.

redaksi

Mengusung Tema Cahaya Bagi Indonesia dan Jepang, Bunkasai USU Kembali Hadir Setelah Pandemi Covid 19

redaksi

Monarchy 2.0, Wadah untuk Berekspresi

redaksi