SUARA USU
Life Style

Self Love Itu Bukan Selfish!

Oleh: Atika Larasati

Suara USU, MEDAN. Apakah kamu sering membandingkan diri dengan orang lain? Sering mengorbankan diri sendiri demi orang lain? Selalu merasa perlu membahagiakan orang lain, sementara mengabaikan keinginan sendiri? Atau bahkan, kamu kurang menjaga kesehatan dan jarang merawat diri? Jika iya, mungkin kamu belum benar-benar melakukan self love. Ingat, self love bukan berarti kamu selfish, loh!

Apa sih self love itu?

Self love merupakan bentuk kesadaran untuk mengenali dan mencintai diri sendiri. Memahami, menerima, serta memiliki rasa percaya diri dan bangga terhadap diri sendiri merupakan bentuk dari self love.

Saat kamu sudah mencintai diri sendiri, kamu akan lebih menjaga dan belajar untuk bersyukur atas apa yang sudah dimiliki. Kamu juga akan berusaha mencari kebahagiaan untuk diri sendiri karena itu memang yang menjadi tujuan dari self love, membahagiakan diri.

Apa self love itu buat kita jadi selfish?

Selfish dapat diterjemahkan dalam  bahasa Indonesia, yaitu egois atau sikap mementingkan diri sendiri. Seseorang yang egois hanya berfokus pada diri sendiri dan hal-hal yang menguntungkan untuk dirinya tanpa memikirkan orang lain. Dia cenderung ingin diutamakan dalam segala hal, tidak menerima kritik, dan tidak mau mengalah.

Meski keduanya terlihat mirip, tetapi self love dan selfish merupakan dua hal yang berbeda. Mencintai diri sendiri itu bukanlah sikap yang egois, melainkan tanggung jawabmu terhadap diri sendiri.

Self love justru akan membuatmu memandang sekitar dengan lebih positif. Kamu akan lebih mudah menerima kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirimu sehingga membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik.  Ketika kamu sudah menerapkannya, kamu akan mencapai keseimbangan hidup. Kamu dapat menjaga kesehatan mental dan fisik, bahkan kehidupan sosial.

Pada dasarnya, orang yang selalu ada buat kamu adalah diri kamu sendiri. Kamu yang selalu akan diri kamu andalkan. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah kamu harus bisa mengenal diri sendiri. Kamu juga dapat melakukan berbagai kegiatan yang membuatmu bahagia dan nyaman, seperti perawatan kulit, membaca, menulis, atau bahkan tidur siang.

Kalau bukan kamu yang mencintai dirimu, lantas siapa lagi?

Redaktur : Valeshia Trevana

Related posts

Jus atau Smoothies? Simak Bedanya Berikut Ini

redaksi

Jus Wortel dan Tomat: Minuman Bisa Membuat Wajah Glowing?

redaksi

Culture Shock! Adaptasi Mahasiswa Daerah di Kota Besar

redaksi