SUARA USU
Life Style

Mencatat itu Penting, Apasih Manfaat Mencatat Penjelasan dari Dosen?

Oleh: Sari Rosa Jeli

Suara USU, Medan. Bagi sebagian besar mahasiswa,mencatat mungkin sudah mulai jarang dilakukan. Paling saat ujian saja,atau jika dosen memberi tugas khusus mencatat atau dalam kata lain mencatat hanya saat disuruh saja. Tapi,tidak sedikit juga mahasiswa yang rajin mencatat. Mencatat dalam arti bukan memindahkan materi dari buku ya! Mencatat disini maksudnya adalah menulis poin-poin penting dari penjelasan yang diberika dosen.

Namun apa sih manfaat dari melakukah hal seperti itu? Terutama bagi para mahasiswa yang suka lupa, mencatat poin penting penjelasan dosen penting banget lho!

Yuk, simak beberapa manfaatnya :

1. Membantu kita mengingat materi yang diberi dosen
Wah ternyata kita bisa mengingat penjelasan dosen hanya dengan mencatat poin-poin pentingnya lho! Bagaimana caranya? Hal itu karena selain mendengarka dosen, kita juga telah berusaha mengingatnya dengan memindahkan kedalam buku. Jadi kita sudah mengulanhnya sebanyak 2 kali sehingga materi itu menempel diotak.

2. Meningkatkan kecepatan menulis
Selain membantu mengingat, mencatat materi bisa meningkatkan kecepatan menulis kita lho. Karena saat dosen menjelaskan sangat cepat, tentunya banyak materi yang keluar dan harus sekaligus kita catat. Akibatnya kita dituntut untuk menulis materi-materi itu secara cepat dan tepat. Jika setiap perkuliahan kita melakukan hal seperti ini terus, maka perlahan kita tidak suka lagi menulis apapun secara lambat.

3. Meningkatkan kemampuan mendengar dan melihat
Mungkin sebelumnya kita sering ngantuk saat mendengar penjelasan dosen. Apa hubungannya sih mencatat poin penting ini dengan ngantuk? Nah,misalnya kamu mengantuk saat dosen mengajar dikelas, makan pendengaranmu hanya akan menjadikan suara dosen itu seperti lagu pengantar tidur, dan matamu tidak akan fokus lagi. Sementara otakmu juga akan ikut meminta kamu untuk tidur tanpa peduli sekelilingmu. Itu terjadi karena kamu tidak punya kegiatan penting yang bisa membuatmu fokus lagi pada dosen.
Nah, untuk mengatasinyai, kamu hanya perlu berusaha untuk terus mencatat poin penting dari penjelasan dosen. Cara ini akan memaksa mata kamu untuk berfokus pada tulisanmu, dan pendengaranmu untuk mendengar hal-hal penting yang harus kamu tulis.

4. Membantu kita mengikuti materi ke perkuliahan selanjutnya
Sering kali diperkuliahan yang selanjutnya, dosen bertanya apa yang dipelajari dari perkuliahan sebelumnya. Atau penjelasan dosen itu sangat bersambungan dengan perkuliahan sebelumnya. Hal ini akan sangat menguntungkan bukan? Kita bisa menjawab pertanyaan dosen dengan mudah, bahkan bisa mengikuti materi perkuliahan dengan lancar karena sudah mengetahui dan memahami materi sebelumnya.

5. Membantu kita saat ujian dilaksanakan karna kita sudah memahami materi
Ini yang terpenting. Dsaat kita ujian, semua yang disampaikan dosen pasti akan muncul dalam soal ujian. Kita yang sudah mengingat poin pentingnya akan merasa lebih tenang saat melakukan ujian. Walau kita hanya mengingat poin penting saja, kita tinggal mengembangkan poin penting itu dengan penjelasan yang kita pahami.

Jadi bagaimana? Apakah tertarik mencatat poin penting saat dosen menjelaskan? Namun, tidak hanya dicatat, kita perlu membacanya lagi untuk bisa mengingat dan memahaminya dalam jangka waktu panjang.

Redaktur : Harsimren Kaur


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Tips Mengatasi Kebiasaan Menunda Tugas Kuliah

redaksi

Berikut Tujuh Tipe Mahasiswa, Kalian Termasuk yang Mana?

redaksi

Apasih Zero Waste Itu?

redaksi