SUARA USU
Kabar Kampus

Fahutan USU Sebagai Tuan Rumah, FOReTIKA Digelar Selama 4 Hari

Reporter: Tsabitah Syafanaura

Suara USU, Medan. Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi tuan rumah untuk Forum Pimpinan Lembaga Pendidikan Tinggi Kehutanan (FOReTIKA). Adapun tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Guna Mencapai Indonesia’s FOLU Net Sink 2030”.

FOReTIKA merupakan acara tahunan yang diadakan sebagai platform untuk memperkuat kerja sama antara lembaga-lembaga pendidikan tinggi kehutanan di Indonesia. Acara ini menyatukan para pemimpin lembaga pendidikan tinggi kehutanan dari seluruh Indonesia untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan kehutanan di negara ini.

Tahun ini, USU dipilih sebagai tuan rumah berdasarkan reputasinya sebagai lembaga pendidikan terkemuka dan keberhasilannya dalam bidang kehutanan. Forum ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta, termasuk dekan dan perwakilan dari berbagai perguruan tinggi kehutanan di seluruh negeri. Para peserta berpartisipasi dalam berbagai presentasi, panel diskusi, dan lokakarya yang bertujuan untuk mendiskusikan isu-isu terkini dalam bidang kehutanan dan mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan pendidikan kehutanan di Indonesia.

Selain itu, FOReTIKA juga menjadi wadah bagi para peserta untuk berbagi pengalaman dan inovasi dalam pendidikan kehutanan. Salah satu sorotan utama dalam forum ini adalah paparan materi oleh Plt. Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL), Ruandha A. Sugardiman serta Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan paparan mater dan diskusi publik oleh para dekan dari berbagai universitas di Indonesia. Beberapa perguruan tinggi mempresentasikan isu isu global terkait tantangan di dunia kehutanan sendiri dalam mencapai FOLU NetSink 2030.

Mewakili Rektor USU, Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, M.Si., Apt., selaku Wakil Rektor III mendukung terselenggaranya FOReTIKA dan memberi sambutan atas kesuksesan acara tersebut.

Diselenggarakan selama 4 hari sejak tanggal 15 Juni 2023 hingga 18 Juni 2023, Fakultas Kehutanan USU berhasil menjadi tuan rumah atas terselenggaranya acara tahunan ini. Tak hanya terselenggara di Auditorium Universitas Sumatera Utara, acara ini juga berlangsung di Kampus II Kwala Bekala, Universitas Sumatera Utara.

Dr. Ir. Naresworo Nugroho, MS, dekan dari Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University serta selaku ketua dari FOReTIKA ini turut memberi harapan terhadap tercapainya FOLU NetSink 2030 ia menjelaskan bahwa dibutuhkan kerjasama dan sinergitas dari berbagai pihak.

“Dibutuhkan kerjasama serta sinergi antarpihak. Jadi tidak hanya mahasiswa, dosen, dan sebagainya, tetapi kita menyebutnya pentaheliks yaitu pemerintah, pihak swasta/industri, pihak akademisi, dan pihak masyarakat yang merasakan dampaknya dan jangan lupa ada media yang sangat penting guna mensosialisasikan serta mengkritisi agar semakin sukses dan dikawal dengan baik,” ujar Naresworo.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Investasi Bodong, Oknum Mahasiswa USU Larikan Uang 1,5 M dari 160 Orang, 20 Diantaranya Mahasiswa USU!

redaksi

Sosialisasi Beasiswa LPDP: Siapkan Amunisi Terbaik

redaksi

USU OPEN 2022: Kompetisi Debat Bergengsi Berskala Nasional Kembali Diselenggarakan

redaksi