SUARA USU
Kabar SUMUT

Kembali Adakan Rekrutmen Terbuka, Sikkola Rakyat Harapkan Volunteer Miliki Jiwa Sosial Tinggi

Reporter: Fransiska Zebua

Suara USU, Medan. Sikkola Rakyat merupakan sebuah organisasi sosial-pendidikan yang hadir sebagai gerakan untuk menjawab keresahan anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan layak sekaligus mengoptimalkan pendidikan yang ada di wilayah Kota Medan. Berdiri pada 22 Juni 2022, Sikkola Rakyat diinisiasi oleh berbagai mahasiswa yang datang dari kampus berbeda di Kota Medan. Sikkola Rakyat sendiri pertama kali hadir di Lingkungan Gang Pribadi dan Gang Inti Kecamatan Medan Helvetia.

Saat ini Sikkola Rakyat kembali mengadakan rekrutmen terbuka untuk menjadi bagian dari volunteer Sikkola Rakyat Angkatan III yang dibuka selama satu minggu mulai dari tanggal 06-11 Maret 2023. Beberapa persyaratan yang harus dimiliki pendaftar seperti yang disampaikan oleh Marika Ulitama selaku penanggungjawab rekrutmen, yaitu sebagai berikut:

  1. Terbuka untuk umum, mereka yang berumur 17-27 tahun.
  2. Memiliki keinginan untuk menjadi relawan dalam bidang sosial dan pendidikan.
  3. Konsisten serta bertanggungjawab.

Marika juga mengatakan bahwa ada beberapa tahapan pendaftaran yang wajib dilakukan oleh para calon volunteer, seperti mengisi G-form pendaftaran, meng-upload CV, membuat portofolio bagi mereka yang mencalonkan diri sebagai bagian dari Bidang Humas dan Media, serta mengikuti wawancara.

Marika mengatakan ada beberapa hal yang membedakan rekrutmen terbuka angkatan III dengan rekrutmen sebelumnya. Volunteer Angkatan I hanya membuka relawan sebagai guru atau pengajar. Volunteer Angkatan II dibuka beberapa bidang untuk membantu pengurus mengerjakan tugas mereka dan belum wajib untuk mengajar. Sedangkan Volunteer Angkatan III, atas diskusi dan melihat kebutuhan yang ada di masyarakat, Sikkola Rakyat membuat sistem untuk volunteer wajib mengajar dan masuk ke dalam bidang-bidang yang disediakan, seperti Bidang Program Pendidikan, Bidang Pemberdayaan Masyarakat, dan Bidang Media dan Humas.

Adapun timeline pendaftaran rekrutmen terbuka dari Sikkola Rakyat, yaitu pendaftaran (6-11 Maret), seleksi berkas (14-15 Maret), pengumuman seleksi berkas (15 Maret), wawancara (18-19 Maret), dan pengumuman lolos final (22 Maret). Untuk flyer pendaftaran dapat dilihat pada akun Instagram resmi Sikkola Rakyat @sikkola.rakyat.

“Saya mengharapkan dengan adanya oprec ini dapat menjaring muda-mudi Kota Medan yang memiliki karakter bertanggung jawab dan komitmen untuk mengabdi bersama Sikkola Rakyat. Kami mengharapkan teman-teman volunteer memiliki jiwa sosial dan empati untuk bergerak bersama Sikkola Rakyat serta mau belajar dan bekerja sama dengan tim,” tutup Marika.

Redaktur: Tamara Ceria Sairo


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Digelar Secara Hybrid, PIMNAS ke-34 USU Resmi Dibuka!

redaksi

IMHU Humbahas Adakan Penggalangan Dana Untuk Korban Puting Beliung

redaksi

Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pilkada Asahan

redaksi