SUARA USU
Uncategorized

Mengoptimalkan Strategi Produk dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing: Studi Kasus pada Barbekoe Coffee and Resto

Oleh: Tengku Nazwa Fahira/Nayla Hanifah/Shella Angelika Gea/Ade Fadillah Harahap/Bima Ramanda/Henoch Ageri Ginting/Shimon Hans Bungaran Simanjuntak/Hengky Pramudia Ujung

Suara USU, Medan. Produk merupakan sesuatu yang ditujukan untuk pemenuhan keinginan dan kebutuhan dari pelanggan. Tidak terpaku pada wujud yang dimiliki, selama mempunyai fungsi dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari pelanggan maka hal tersebut dikatakan sebagai produk (Shabastian et al., 2013).

Seiring perkembangan zaman, bisnis di bidang kuliner semakin tumbuh dan berkembang serta memiliki keberagaman yang luas mengikuti pertumbuhan dan perkembangan dari gaya hidup masyarakat. Kini, banyak hadir tempat makan atau cafe yang mengusung tema-tema kekinian dengan menyediakan menu yang beragam dan tentunya modern dengan sasaran kaum milenial sebagai target pasarannya. Akan tetapi, semakin banyaknya bisnis kuliner yang bermunculan tersebut tentunya menimbulkan persaingan yang mana bidang usaha mengharuskan adanya upaya strategi produk. Dilakukan strategi produk tersebut diharapkan mampu menawarkan produk yang dimiliki oleh bidang usaha dapat menarik perhatian para pelanggan.

Kafe Barbekoe bermula dari usaha penjualan barang bekas atau thrifting. Nama “Barbekoe” sendiri merupakan singkatan dari Barang Bekas Koe. Awalnya, kafe ini menjual sepatu bekas. Kemudian, pemilik kafe memiliki ide untuk merambah ke dunia kuliner dan membuka gerai pertama di Jalan Sei Batu Gingging yang kemudian memperluas cabang di daerah Tasbi. Gerai di daerah Tasbi sendiri memiliki seating area yang lebih luas dan strategis karena berada di depan sekolah dan perkantoran. Saat ini, Kafe Barbekoe aktif di media sosial dan sedang membangun aplikasi khusus untuk mempermudah pemesanan dan pengambilan pesanan oleh pelanggan. Kafe ini juga berencana menyediakan jasa kurir untuk pengiriman pesanan.

Kegiatan usaha Kafe Barbekoe meliputi rekrutmen karyawan untuk mendukung pengelolaan operasional kafe, penjualan makanan dan minuman dengan berbagai pilihan menu, perencanaan dan riset produk untuk meningkatkan inovasi menu. Dalam memasarkan sebuah produk agar mendapat perhatian untuk dikonsumsi oleh pelanggan, terdapat sebuah kegiatan yang harus dilakukan yaitu pemasaran. Pemasaran merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk memasarkan barang dan jasa kepada masyarakat sebagai target pelanggan (Cristina, 2019).Pada zaman sekarang ini kegiatan pemasaran banyak dilakukan melalui promosi langsung dan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Gofood.

Dalam wawancara dengan manajer operasional barbekoe, diketahui bahwa Kafe Barbekoe menyajikan berbagai varian kopi seperti cold brew, latte, tea, frappe series, dan barbekoe signature. Makanan yang sering dipesan adalah nasi goreng barbekoe dan chicken curry katsu. Menu minuman yang populer adalah kopi susu gula aren atau kopi shoesrent dan cold brew bernama DonCuan. Kafe ini juga memiliki varian signature yang menjadi produk khasnya. Beberapa menu mungkin memiliki sedikit peminat, tetapi Kafe Barbekoe akan mencoba memasarkannya kembali dengan memberikan saran dan edukasi kepada pelanggan.

Strategi menjadi sebuah alat yang sifatnya wajib dimiliki dan dilakukan oleh sebuah bisnis yang mana pada sebuah bisnis dapat disadari bahwa jumlah penjualan memiliki peranan yang sangat penting, di samping strategi bukan hanya dapat melakukan tujuan berupa keuntungan saja tetapi menjadi sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kualitas dari usaha dan menjadi wadah untuk menampung kebutuhan bagi masyarakat sebagai konsumen (Handayani, 2019).

Dengan strategi produk yang baik, Kafe Barbekoe berusaha menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan tingkat kepuasan mereka. Kafe ini juga menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran yang efektif. Melalui strategi ini, Kafe Barbekoe berharap dapat bersaing dengan bidang usaha sejenis dan mencapai keunggulan bersaing.

Artikel ini adalah publikasi tugas mata kuliah Marketing Management dengan Dosen Pengampu: Onan Marakali Siregar, S.Sos., M.Si. / Ummi Salamah Sitorus S.A.B., M.m

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Menyerukan Tagline Waspada Gempa dengan Siap Selamat!

redaksi

Darurat Menghitung, Rensina Griselda Mahasiswa Kesejahteraan Sosial FISIP USU Ajarkan Berhitung dengan Metode Asyik di SDN 060894 Medan Baru

redaksi

Pengaruh Kompensasi, Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada PT Jasa Raharja Kota Medan)

redaksi