SUARA USU
Featured

Local’s Chambers, Peluang Emas bagi Local Community

Reporter: Diva Zia dan Rahma Vina

Suara USU, Medan. Local’s Chambers diambil dari nama kafe ‘Chambers 42’ yang memiliki filosofi sebagai tempat untuk mengapresiasi dan mewadahi komunitas lokal. Local’s Chambers merupakan kegiatan perdana sejak kafe Chambers 42 resmi dibuka pada bulan Maret lalu. Inisiatif ini dirancang untuk menciptakan grand opening yang tak hanya menyenangkan, tetapi juga mampu menginspirasi komunitas lokal untuk berekspresi dan berkarya.

“Local’s Chambers ini sebagai bentuk apresiasi kita kepada UMKM lokal, seniman lokal, dan artis lokal, kita ingin Chambers ini bisa jadi wadah untuk komunitas lokal dalam berkarya,” ujar Wira selaku penyelenggara.

Kegiatan Local’s Chambers terinspirasi dari coffee shop di Bandung, yang berhasil mengembangkan ide bahwa sebuah coffee shop bukan hanya sekadar tempat untuk nongkrong. Mereka melihat potensi lebih besar dalam sebuah coffee shop sebagai ruang komunitas di mana berbagai kegiatan dapat dilakukan bersama. Mengambil inspirasi dari konsep ini, Local’s Chambers dihadirkan untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pengunjung.

Di Local’s Chambers, pengunjung tidak hanya datang untuk menikmati secangkir kopi lalu pergi. Mereka diundang untuk mengeksplorasi dan menikmati berbagai aktivitas yang melibatkan komunitas lokal.

“Kedepannya kita juga bakalan buka UMKM corner, jadi Chambers akan berkolaborasi dengan UMKM lokal,” tambah Wira.

Tenant-tenant yang berpartisipasi dalam kegiatan Local’s Chambers mendapatkan informasi melalui media sosial dan rekomendasi dari teman ke teman. Selain itu, pihak Chamber juga secara aktif mengajak untuk membuka stan dalam acara ini. Tenant yang diambil juga sesuai kebutuhan. Jadi tidak terjadi tabrakan jadwal antara tenant satu dengan tenant lainnya. Setiap segmen hanya diisi oleh satu tenant, sehingga masing-masing mendapatkan segmen pasarnya.

Salah satu pihak tenant yang ikut berkontribusi juga memberikan harapannya kepada kegiatan Local’s Chambers untuk dapat membantu usaha seni dari mereka dan dapat memperkenalkan kepada pengunjung yang hadir di kegiatan.

“Ekspektasi saya agar dapat memperkenalkan seni kepada para pemuda yang hadir di Chambers ini, dan lukisan lukisan ini juga dapat dibeli apabila ada yang tertarik pada karyanya,” ungkap seniman Planet Custom, salah satu yang membuka tenant di Local’s Chamber’s.

Selain itu, Local’s Chambers juga menyelenggarakan berbagai kelas workshop yang terbuka untuk umum, menghadirkan kesempatan unik bagi para pengunjung untuk mempelajari keterampilan baru dari para ahli di bidangnya. Salah satu workshop yang menarik perhatian adalah Flower Arrangement Workshop dari Happy Flower. Workshop ini dilaksanakan pada Sabtu (25/05), tepat pada hari pertama kegiatan Local’s Chambers. Dalam sesi ini, para peserta diajak untuk belajar seni merangkai bunga yang dapat membuat rangkaian bunga menjadi lebih indah dan memikat.

Keseruan berlanjut pada ke hari kedua, tepatnya pada Minggu (26/05), di mana para pengunjung dapat mengikuti kegiatan demo makeup dari brand Oriflame. Sesi ini tidak hanya menampilkan teknik-teknik makeup, tetapi juga memberikan tips tentang bagaimana merawat kulit, memilih produk skincare yang tepat, dan mengaplikasikan makeup yang benar. Kegiatan ini membantu mereka yang ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam dunia makeup, baik untuk keperluan pribadi maupun profesional.

Dengan variasi kegiatan tersebut, Local’s Chambers tidak hanya menjadi tempat berkumpul saja, tetapi juga merupakan wadah komunitas kreatif yang mampu menginspirasi para pengunjung melalui berbagai aktivitas yang menarik dan bermanfaat.

Redaktur: Duwi Cahya


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kolaborasi Penerapan Therapeutic Community (TC) dan Narcotic Anonymous (NA) sebagai Metode Efektif dalam Proses Pemulihan Residen di Yayasan Rehabilitasi Narkoba Mutiara Abadi Binjai, Provinsi Sumatera Utara

redaksi

Kenali dan Lawan Toxic Masculinity!

redaksi

Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial Fisip Usu, Melakukan Kunjungan Ke Yayasan Amelia Sumatera Utara Untuk Mengetahui Program Apa yang Digunakan dalam Menangani Residen

redaksi