SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Keliling 7 Daerah di Indonesia, Roadshow Wildlife Journalism Competition 2024 Resmi Digelar

Penyampaian materi sesi pertama (Sumber: Dok. Pribadi)

Reporter: Fatimah Roudatul Jannah & Mega Manullang

Roadshow Wildlife Journalism Competition 2024 yang mengusung tema “Interaksi Negatif Manusia-Satwa dari Sudut Pandang Jurnalisme Lingkungan” resmi dibuka. Acara ini berharap membuka perspektif yang lebih luas terkait alam dan satwa liar dari sudut pandang sosial.

Mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Padjajaran (UNPAD) berkolaborasi dengan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Sumatera Utara (USU) gelar roadshow dalam rangka promosi lomba Wildlife Journalism Competition 2024 yang sedang berlangsung.

Diselenggarakan pada Senin (27/5), roadshow ini berlangsung sejak pukul 8 pagi sampai 4 sore. Bertempat di aula teater Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU, Kegiatan ini kurang lebih dihadiri oleh 50 peserta yang berpartisipasi dalam tiap diskusi dan tanya jawab dalam gelar wicara yang berlangsung.

Dalam acara ini hadir juga Prof. Dra. Lusiana Andriani Lubis, MA., Ph.D. selaku ketua umum Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) wilayah Sumatra Utara sekaligus dosen ilmu komunikasi USU, Herbert B.P Aritonang, S.Sos., MH sebagai Kepala Seksi Wilayah II BBKSDA Sumatra Utara, M. Indra Kurnia, S.Hut yang merupakan Direktur Konservasi Yayasan Orangutan Sumatera Lestari (YOS), dan Ali Rizqi Arasyi selaku Senior Technical Advisor-Surveillance and Risk Analysis FAO ECTAD Indonesia sebagai tamu undangan sekaligus juga pemateri dalam kegiatan workshop ini.

Acara dibuka dengan doa oleh perwakilan dari mahasiswa ilmu komunikasi FISIP USU dan kata sambutan sekaligus pembukaan kegiatan yang diwakili oleh perwakilan Dekanat FISIP USU Moulita S.Sos., M.A. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi pertimbangan bagi pihak kampus untuk menerbitkan mata kuliah Komunikasi Lingkungan.

Herlina Agustin selaku panitia menyampaikan alasan dipilihnya provinsi Sumatra Utara sebagai salah satu lokasi roadshow diadakannya kompetisi ini disebabkan Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi yang dinilai masih bersemayam permasalahan yang berkaitan erat dengan konservasi satwa liar di Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang beragam terkait satwa liar dan upaya konservasi oleh ahli pada masing-masing bidang. Terdapat total enam materi yang disampaikan, masing-masing pemateri memiliki pesan penting yaitu alasan dibalik kewajiban manusia untuk lebih peduli terhadap pelestarian satwa liar dan upaya konservasi satwa liar.

Setiap pemateri yang hadir memberikan pengetahuan sesuai dengan ilmunya. Setiap bidang dijelaskan dengan lengkap sehingga penuturan terkait upaya konservasi, undang-undang yang mengatur, hingga persebaran wilayah konflik seputar satwa liar disaksikan oleh peserta dengan cermat. Peserta juga disuguhi film Datok Gedang yang memperlihatkan kerukunan dan sikap menghargai dari manusia kepada orang utan serta gajah.

Roadshow Wildlife Journalism Competition 2024 ini ditutup dengan pemaparan materi yang disampaikan Prayugo Utomo yang merupakan jurnalis IDN Times yang tergabung sebagai Member Voice of Forest. Ia berbagi ilmu dan pengalamannya sehubungan dengan investigasi terhadap suatu kasus selama ia menjadi seorang jurnalis. Peserta diberi penjelasan terkait tahapan investigasi, teknik penelusuran fakta serta konsepsi dalam investigasi sebagai bekal awal apabila pers mahasiswa ingin melakukan kegiatan investigasi terhadap suatu kasus.

Redaktur: Fathan Mubina


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Di Balik Kontroversinya, Aplikasi Meet Zoom Masih Eksis Hingga sekarang

redaksi

Cegah Banjir, Dosen USU Beri Penyuluhan Biopori dan Sumur Resapan Air Hujan

redaksi

USU Terima Perpanjangan Masa Studi Dampak Pandemi Covid-19

redaksi