SUARA USU
Featured

Digitalisasi Pemasaran UMKM di Kabupaten Bengkalis

Tim penulis: 1. 190907010 Zahra Tursina
2. 190907040 Eko Arianto Purba
3. 190907059 Annisa Azzuhra
4. 190907099 Donny A. M. Manurung
5. 190907116 Sartika Dewi
6. 190907117 Lailasari Jonaidi

Suara USU, Medan. Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2019 melaksanakan digitalisasi marketing kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Maret-April 2022. Adapun UMKM yang dijadikan objek kegiatan, yaitu Razor Barbershop yang berlokasi di Kabupaten Bengkalis, Riau. Razor Barbershop adalah salah satu UMKM yang bergerak di bidang cukur rambut khusus pria.

Alasan utama memilih UMKM Razor Barbershop sebagai objek kegiatan digitalisasi marketing, karena banyaknya UMKM di Bengkalis dengan bidang yang sama. Untuk dapat bersaing dan dikenal masyarakat luas, maka diperlukan promosi yang efektif. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial yang dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja, terutama generasi muda yang memang memperhatikan penampilan dan gaya hidup.

Bergerak dari permasalahan tersebut, kami beserta pihak dari Razor Barbershop sepakat untuk menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana promosi untuk menarik minat konsumen dengan akun @Razor_Barbershopp.

Adapun beberapa langkah yang kami lakukan untuk membuat tampilan akun instagram menarik yaitu dengan :
1. Merapikan Feed Postingan Instagram, dengan memposting layout disetiap feed nya. Dilaksanakan dua hari sekali dengan harapan meningkatkan engagement sehingga dapat menarik pengikut baru.
2. Melakukan siaran langsung, setiap dua kali dalam sebulan. Hal ini dilakukan untuk memperlihatkan kepada penonton terkait pelayanan yang diberikan, serta hasil akhir yang akan didapatkan jika melakukan treatment di Razor Barbershop.
3. Membuat konten, setiap dua kali dalamseminggu. Hal ini dilakukan untuk memperlihatkan kepada penoton fasilitas serta suasana yang ada di Razor Barbershop.

Selain melakukan promosi secara daring dengan memanfaatkan Instagram, Razor Barbershop juga melakukan promosi secara luring menggunakan sistem membership bagi pelanggan setianya. Dengan memberikan diskon hingga 25% jika telah melakukan pangkas sebanyak 10 kali, diharapkan akan menarik minat konsumen.

Dengan adanya program digitilasasi marketing yang dilakukan oleh Mahasiswa dan Mahasiswi Ilmu Administrasi Bisnis ini, diharapkan dapat membangun dan membangkitkan para UMKM dalam hal bersaing untuk dapat mengenalkan produknya kepada masyarakat. Perkembangan teknologi yang sangat pesat tentunya dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk mempromosikan dan membangun branding usahanya agar dapat mendunia.

Redaktur: Salsabila Rania Balqis


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pendidikan: Seharusnya Jadi Ruang Aman Segala Kalangan!

redaksi

Kenali dan Lawan Toxic Masculinity!

redaksi

Kampung Ulos Hutaraja, Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba

redaksi