SUARA USU
Featured Kabar SUMUT

Kampung Ulos Hutaraja, Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba

Oleh: Tamara Ceria Sairo

Suara USU, Medan. Samosir merupakan daerah wisata yang identik dengan adat dan budaya yang masih melokal. Di daerah ini pula, terkenal sebuah desa penghasil tenun ulos batak yang indah. Dialah yang disebut Kampung Ulos Hutaraja.
Kampung Ulos Hutaraja berlokasi di desa Lumban Suhi-Suhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Jarak tempuh lokasi ini sendiri, kurang lebih memakan waktu 7 jam melalui perjalanan darat dari Kota Medan. Namun, jika ingin merasakan suasana baru, para wisatawan boleh menempuh jalur laut menggunakan kapal feri.
Kampung Ulos Hutaraja merupakan salah satu desa yang mendapat prioritas dari pemerintah untuk dilakukan revitalisasi besar-besaran dan diresmikan pada Februari 2022 lalu. Didatangi langsung oleh Presiden Jokowi, Kampung ini mendapat kesempatan menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba. Sehingga yang dulunya merupakan desa perkampungan biasa dan terkesan kurang terawat, namun sekarang sudah tertata rapi dan menarik minat para pengunjung baik lokal maupun turis asing.

Nah, apa aja sih yang menarik dari Kampung Ulos Hutaraja? Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Kampung Ulos, maka pengunjung akan langsung disuguhkan sebuah galeri yang menyajikan suvenir dan karya-karya para penenun. Kemudian, masuk sedikit lagi akan tampak jajaran rumah bolon yang baru direvitalisasi dan memiliki ciri khas yang lebih indah dan terstruktur.

Ciri khas dari desa ini dapat dilihat secara langsung. Para pengunjung akan melihat sendiri para penenun setiap harinya yang bertenun di halaman Rumah Bolon. Di mana hal ini menjadi daya tarik wisata budaya, karena bisa dilihat secara langsung oleh wisatawan bagaimana proses pembuatan kain tenun ulos. Uniknya lagi, alat tenun yang digunakan masih manual. Mulai dari anak-anak, mereka sudah diperkenalkan dengan alat tenun dan sudah bisa menghasilkan uang sendiri melalui kain tenun yang dihasilkan.

Para pengunjung tak usah khawatir berada di tempat umum. Karena, desa ini sendiri sudah diperlengkapi dengan penyediaan toilet umum baru yang bersih dan terawat. Masyarakat sekitar juga ramah-ramah dan sudah banyak juga yang fasih berbahasa Indonesia.

Selain melihat Rumah Bolon dan aktivitas para penenun, para pengunjung juga bisa bersantai di Coffeshop Hutaraja. Menu yang disajikan tergolong on budget dan menyajikan view langsung ke Danau Toba.

Samosir tak pernah lepas dari wisata air. Bagi para wisatawan tak perlu khawatir jika berkunjung ke daerah ini. Hanya berjarak tempuh sebentar saja dari Kampung Ulos, para wisatawan bisa berjumpa langsung dengan Pantai Pasir Putih Parbaba. Para wisatawan bisa menikmati wahana yang disediakan dan spot kekinian yang tidak boleh dilewatkan.
Bagi Sobat Suara USU yang membaca artikel ini dan punya keinginan untuk berwisata ke Kampung Ulos Hutaraja dan Pantai Pasir Putih Parbaba tetap jaga kelestarian dan kebersihannya, ya!

Redaktur: Monika Krisna Br Manalu

Related posts

Diadakan Serentak di 35 Kota, Kejar Mimpi Medan Adakan Volunteering Day di MAS Muallimin Univa Medan

redaksi

Mengenal Akreditasi Perguruan Tinggi dan Syarat Ketentuannya

redaksi

Belum Mendapat Dukungan, Tim @mengajardidesa.id Gencar Kolaborasi

redaksi