SUARA USU
Kabar Kampus

Eksplorasi Mahasiswa Inbound PMM 3 UNAIR Kelompok ‘Sodara Team’ ke Kampung Kemasan dan Wisata Alam Setigi Sekapuk di Kabupaten Gresik

Penulis: Alya Mariska Sitompul

Suara USU, Medan. Sekelompok mahasiswa Inbound PMM 3 Universitas Airlangga yang dikenal dengan nama ‘Sodara Team’ melakukan eksplorasi ke Kampung Kemasan dan wisata alam Setigi Sekapuk yang berada di Kabupaten Gresik pada (29/10). Kedua tempat wisata tersebut memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang membuat Sodara Team tertarik untuk mengunjunginya. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Modul Nusantara Kebhinekaan kelima Program PMM 3 UNAIR. Kegiatan Kebhinekaan Sodara Team ini didampingi Dosen Pembimbing, Ibu Dr. Neffrety Nilamsari S.Sos, M.Kes., dan Juga LO Sodara Team, Kak Mochammad Fahreza Alfarisqi Akbar.

Setiap tahun, para mahasiswa dari berbagai universitas di seluruh Indonesia mengikuti program Kampus Merdeka, salah satunya adalah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). PMM adalah program yang dirancang untuk Mahasiswa agar berkesempatan untuk mengenal keberagaman budaya dan adat istiadat  dengan pengalaman belajar. Ini adalah kesempatan bagi para mahasiswa untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, menjalani aktivitas yang bermanfaat, menjalin persahabatan dengan teman-teman dari berbagai suku, daerah, adat istiadat, agama, dan lainnya.

Pada kunjungan Kebhinekaan Modul Nusantara, kelompok ‘Sodara Team’ dari Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 3) Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang memiliki arti penting dalam terciptanya akulturasi budaya dalam bentuk arsitektur bangunan, kesenian, dan kebudayaan yang sampai sekarang masih terjaga oleh masyarakat Pesisir Utara, tepatnya di Kabupaten Gresik. Lokasi ini dipilih karena menawarkan pengalaman alam yang memukau, sekaligus memberikan kesempatan untuk berkontribusi dalam pengembangan wilayah tersebut.

Sodara Team mengunjungi Kampung Kemasan yang terletak di Desa Kemasan, Kecamatan Ujung pangkah, Kabupaten Gresik. Kampung Kemasan merupakan sebuah kampung wisata yang terkenal dengan pengayaan arsitektur pada jendela dan pintunya. Selain itu, Sodara Team juga mengunjungi Setigi Sekapuk yang merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak di Desa Setigi, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Di sana, Sodara Team menikmati keindahan alam yang masih asri dan terjaga dengan baik. Selain itu, Sodara Team juga mengunjungi air terjun Setigi yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Air terjun tersebut menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Setigi Sekapuk.

Eksplorasi yang dilakukan oleh Sodara Team ke Kampung Kemasan dan wisata alam Setigi Sekapuk di Kabupaten Gresik merupakan pengalaman yang sangat berharga. Selain dapat menikmati keunikan dari bentuk bangunan arsitektur Kampung Kemasan dan juga keindahan alam wisata Setigi Sekapuk, Sodara Team juga dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan yang baru diperoleh lewat kegiatan Kebhinekaan kelima mengenai  kunjungan ke tempat-tempat yang memiliki arti penting dalam terciptanya akulturasi budaya dalam bentuk arsitektur bangunan, kesenian, dan kebudayaan.

Redaktur: Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Memahami Sastra dalam Kehidupan dengan Berkarya Lewat Puisi

redaksi

JAGA KEDAULATAN BANGSA, BEM SI SUMBAGUT GELAR TALKSHOW INSPIRATIF

suarausu

Tampung Karya Mahasiswa Lewat sastra di SASTRADISI USU 2019

suarausu