SUARA USU
Kabar Kampus

FPCI USU Akan Adakan MUN Class Training Intensif Selama Satu Bulan

Oleh: Diva Zia Yamairy/Heflin Laurensia

Suara USU, Medan. Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) Chapter Universitas Sumatera Utara (USU) akan mengadakan MUN (Model United Nation) Class selama satu bulan ke depan. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara hybrid, yakni luring maupun daring dengan intensif setiap hari Jumat dan Sabtu.

MUN Class merupakan sebuah kegiatan simulasi konferensi PBB yang memberikan kesempatan kepada siswa maupun mahasiswa untuk memahami lebih dalam tentang diplomasi hubungan internasional, kebijakan global, dan kompleksitas hubungan antar bangsa. Peserta nantinya akan memainkan peran sebagai delegasi dari negara-negara anggota PBB dan berpartisipasi dalam diskusi, negosiasi, dan penyusunan resolusi unutk menyelesaikan konflik dan mempromosikan perdamaian.

MUN Class hadir untuk mewadahi generasi muda dari seluruh penjuru dunia untuk memperluas jaringan pertemanannya. Dalam kelas ini, kemudian para pemuda dari berbagai negara berkumpul untuk menunjukkan kemampuannya dalam memimpin, negosiasi, dan diplomasi.

Sebelum memulai MUN Class, FPCI mengadakan Welcoming Party pada Sabtu, (11/11). Kegiatan ini menghadirkan beberapa pembicara yang merupakan para ahli dalam bidang diplomasi dan hubungan internasional.

“Sekarang seorang diplomat bukan hanya dari jurusan HI (Hubungan Internasional) saja maupun hukum, tetapi banyak juga dari jurusan-jurusan lain dikarenakan banyaknya mahasiswa yang sudah tertarik dengan isu isu global, dan juga dalam kerja sama hubungan internasional bukan hanya mencakup diplomat dan juga duta besar, tetapi terdapat pelaku lainnya di belakang nya seperti pelaku ekonomi yang menjadi pendorong kerja sama internasional,” ucap Jenny Winata seorang Pakar Hubungan Internasional.

Welcoming Party mengajak para peserta untuk membahas tentang hubungan internasional secara luas. Selain itu, para peserta juga diajak untuk melihat pentingnya kerja sama internasional, serta bagaimana langkah mahasiswa dapat menjadi delegasi dalam MUN.

Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para pembicara dan berbagi ide melalui sesi tanya jawab. Dengan demikian, MUN Class bukan hanya sekedar tempat belajar tetapi juga ajang untuk membangun koneksi dan relasi berharga dalam komunitas yang peduli terhadap isu-isu global.

Menariknya lagi, para peserta mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam simulasi MUN mini. Mereka memainkan peran sebagai delegasi dari berbagai negara dan berpartisipasi dalam diskusi serta negosiasi terkait isu-itu global, sehingga memberikan mereka pengalaman langsung tentang bagaimana diplomasi dan perundingan internasional berlangsung di dunia nyata.

MUN Class ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman mahasiswa tentang hubungan internasional dan membantu membentuk generasi yang lebih baik untuk ambil andil dalam dialog global yang konstruktif. MUN Class ini menjadi bukti bahwa mahasiswa memiliki keinginan untuk terlibat dalam peran yang krusial dalam membentuk masa depan dunia yang lebih baik melalui dialog dan kerja sama internasional.

 

Redaktur: Anggie Syahdina Fitri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

UKM Tanggap Bencana Adakan Open Recruitment, Ini Harapan Untuk Calon Anggota

redaksi

Warna-Warni Panitia PKKMB FPsi USU, Sukseskan PKKMB 2023

redaksi

Mahasiswa Akuntansi USU Raih Juara 1 dan 2 pada Perlombaan National Accounting Business Plan (NABP)

redaksi