SUARA USU
Kuliner

Hazelnut, Si Kacang Manis Sejuta Penggemar

Oleh: Dinda Ratu Nayla

Suara USU, Medan. Tentunya Sobat Suara USU sudah tidak asing lagi jika mendengar hazelnut. Yaps! kacang ini menjadi cukup populer di media sosial semenjak disebut mirip dengan kemiri. Lalu sebenarnya apa yang membedakan hazelnut dengan kemiri dan mengapa banyak anak muda yang malah menyukainya? Yuk, simak penjelasannya!

Hazelnut atau kacang hazel berasal dari pohon bergenus Corylus yang tumbuh berkelompok di dalam sekam pohonnya dan sering dijumpai di Eropa. Jika sudah matang biji hazel akan jatuh dari sekam dan pada saat itulah kacang hazel dapat dipanen.

Kacang yang biasanya diolah dengan cara di panggang atau digiling ini ternyata mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan loh sobat Suara USU. Salah satunya adalah kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, hazelnut juga termasuk kacang-kacangan kaya serat, vitamin E, magnesium dan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Rasa manis yang dimiliki hazelnut membuatnya sering digunakan sebagai tambahan dalam
olahan makanan dan minuman seperti: cokelat, donat, pisang goreng, kue , biskuit, minuman
susu, dan lain lain. Selain rasanya yang manis, tekstur renyah dari hazelnut juga menjadikannya pilihan yang pas sebagai tambahan salad, granola dan campuran makanan ringan lainnya.

Beberapa penggemar hazelnut mengaku menyukai kacang ini karena rasa manis alami yang dimiliki. Hal inilah yang menjadi pembeda hazelnut dengan kemiri, karena meski memiliki bentuk yang mirip namun rasa dan kandungan keduanya jelas berbeda. Kemiri tergolong rempah-rempahan yang tidak dapat dimakan secara langsung karena mengandung zat beracun yang kurang baik bagi tubuh. Kemiri sendiri memiliki rasa yang cenderung tawar namun gurih. Sedangkan hazelnut tergolong kedalam kacang-kacangan yang dapat dinikmati secara langsung karena memiliki rasa manis alami.

Jadi bagaimana sobat Suara USU, tertarik mencoba sensasi manis alami yang ditawarkan hazelnut? Atau justru sudah kepincut oleh si manis yang satu ini?

Redaktur : Suranti Pratiwi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kue Putri Mandi: Santapan Cantik dari Ubi

redaksi

Cari Jajanan Enak di Sumber? Taiso Sumber Jawabannya

redaksi

Kenalan dengan Mie Rebus Khas Medan yang Enaknya bikin Nagih

redaksi