SUARA USU
Uncategorized

Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Belajar Strategi Pemasaran Jasa Pengiriman Paket PT POS Indonesia Kantor Cabang Utama Medan Selama Magang

Tim Penulis: Teuku Hafiz Mahfi, Natasya Eka Putri Tobing, Sri Rezki Gultom, Kevin Ariel Tampubolon, dan Maleakhi Pakpahan.

Suara USU, Medan. Kelompok Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis USU stambuk 2019 telah menyelesaikan magang yang dilaksanakan pada 1 Juli  hingga 29 Juli 2022 di PT POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Medan yang beralamatkan di Jalan Bukit Barisan No.5 Kesawan, Kota Medan, Sumatera Utara. Kelompok ini beranggotakan Teuku Hafiz Mahfi, Natasya Eka Putri Tobing, Sri Rezki Gultom, Kevin Ariel Tampubolon, dan Maleakhi Pakpahan.

Selama periode magang, kelompok mahasiswa tersebut mempelajari tentang strategi pemasaran layanan jasa pengiriman paket yang dilakukan oleh PT POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Medan untuk bersaing dengan layanan jasa pengiriman swasta. Sebuah perusahaan tanpa didukung adanya strategi bersaing yang tepat, maka kecil kemungkinan tujuan perusahaan akan tercapai. Untuk itu sebagai perusahaan jasa pengiriman publik tertua di Indonesia, PT POS Indonesia (Persero) berupaya untuk menciptakan strategi-strategi pemasaran untuk terus melayani masyarakat di seluruh Indonesia dengan maksimal dan mengikuti perkembangan zaman dengan melakukan transformasi digital.

Kelompok mahasiswa dari program studi ilmu administrasi bisnis ini menganalisis strategi pemasaran PT POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Medan berdasarkan segmentation, targeting, positioning, dan differentiation. Dalam penelitian tersebut, kelompok mahasiswa ini mengumpulkan data dari wawancara langsung dengan karyawan perusahaan di bagian pemasaran dan dengan melakukan observasi langsung.

Berdasarkan segmentation, PT POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Medan tidak memiliki segmentasi secara khusus. Hal ini dikarenakan semua segmen memiliki potensi untuk menjadi konsumen dalam menggunakan jasa pengiriman paket yang disediakan oleh perusahaan yang terdiri dari berbagai macam jenis sesuai dengan kebutuhan konsumen. Begitu pula dengan targeting karena semua lapisan masyarakat bisa menjadi konsumen baik BUMN, instansi pemerintah maupun swasta, bahkan perorangan sekalipun. Untuk positioning PT POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Medan ingin membangun posisi sebagai perusahaan jasa pengiriman yang memiliki karakter “AKHLAK” yang terdiri dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Sedangkan berdasarkan differentiation perusahaan sudah mulai melakukan pembenahan dari segi tarif dan pola pengiriman agar bisa bersaing dengan perusahaan jasa pengiriman lainnya.

Di era digitalisasi saat ini, PT POS Indonesia (Persero) juga memanfaatkan perkembangan digital dalam memasarkan bisnis jasa pengiriman paket melalui social media, yaitu Instagram dan TikTok. Karena melalui kedua platform social media ini Pos Indonesia dapat menarik atensi yang lebih serta dapat menjangkau lebih banyak target. Selain itu juga sebagai diferensiasi Pos Indonesia telah menerbitkan aplikasi dalam rangka memperkenalkan inovasi baru dalam layanan digital, yaitu Pos Aja! yang dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan berkirim paket maupun.

Dengan mempelajari tentang strategi-strategi pemasaran yang ditetapkan oleh PT POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Medan, kelompok mahasiswa ini berharap agar PT POS Indonesia (Persero) dapat menjadi perusahaan jasa pengiriman paket nomor 1 di Indonesia.

Redaktur: Salsabila Rania Balqis

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mahasiswa Kesejahteraan Sosial FISIP USU Menjadi Fasilitator Pemberdayaan Program BSPS Ditjen Perumahan PUPR Melalui Program MSIB

redaksi

Efektivitas Penanganan Anak Jalanan Oleh TIM URC Dinas Sosial Kota Medan

redaksi

Objek Wisata Istana Maimun: Pasar atau Istana?

redaksi