SUARA USU
Opini

Realita Kinerja Pemerintahan Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa: Mana yang Lebih Berdampak?

Oleh: Affif Nikki Anwar

Suara USU, Medan. Dalam ranah lingkungan kampus, peran organisasi sangatlah penting dalam membentuk karakter mahasiswa menjadi lebih progresif. Di Universitas sendiri terdapat dua entitas utama yang menjadi ajang perwakilan mahasiswa yaitu Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Tentunya keduanya memiliki tugas pokok dan fungsi yang hampir sama, namun muncul pertanyaan saat ini manakah yang lebih berdampak?

Pemerintahan Mahasiswa berperan sebagai badan yang memimpin dan mengelola kegiatan kampus baik lingkup fakultas maupun universitas. Pemerintah Mahasiswa juga mewakili mahasiswa dalam tingkat internal maupun eksternal dan tak lupa Pemerintahan Mahasiswa juga mengawasi penggunaan dana Mahasiswa.

Di sisi lain, Himpunan Mahasiswa Jurusan cenderung lebih fleksibel dan kreatif dalam menghadirkan program-program bagi mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan juga lebih berfokus pada aspek keorganisasian dan pengembangan minat bakat mahasiswa.

Lantas manakah yang lebih berdampak? Jika diukur dengan tugas pokok dan fungsi pada Pemerintahan Mahasiswa, mereka mampu memberikan dampak positif jika mengelola pendanaan dan transparansi yang dapat menciptakan program kerja yang mampu menghidupkan kampus. Namun realita yang terjadi saat ini banyak dari Pemerintahan Mahasiswa yang tidak mampu mengelola badan mereka sendiri. Tak sedikit oknum dari PEMA yang hanya ingin meraup keuntungan materil dari pendanaan yang ada, alhasil program serta acara banyak yang mandek dan tak terlaksana.

Lain halnya dengan Pemerintahan Mahasiswa, realitanya Himpunan Mahasiswa cenderung lebih mampu mengangkat suara mahasiswa walaupun dalam lingkup jurusan. Serta Himpunan Mahasiswa Jurusan lebih mampu memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan diri mereka, melalui banyaknya kegiatan yang dilaksanakan himpunan untuk mahasiswa itu sendiri.

Pada akhirnya perbadingan kinerja keduanya haruslah dilihat dari faktor transparansi, dan keterlibatan mahasiswa yang dihasilkan. Kesuksesan keduanya sangatlah bergantung jika saling mendukung untuk mencapai dampak maksimal bagi seluruh elemen mahasiswa.

Redaktur: Anna Fauziah Pane 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bullying “Hukum Rimba” di Era Modern

redaksi

Mudik Diperbolehkan, Pelaku Industri Transportasi Darat Berikan Dukungan

redaksi

Kesehatan Mental Untuk Semua

redaksi