Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Selama Pandemi, Fasilitas Kampus USU Banyak yang Tak Terurus

Foto: Salah satu tempat di Fakultas Pertanian yang tampak tidak terurus

Penulis:  Nurhasanah Koto

Suara USU, Medan. Sudah tiga bulan lebih Universitas Sumatera Utara (USU) meniadakan kegiatan tatap muka di kampus. Ternyata hal tersebut mengakibatkan beberapa perubahan yang terjadi. Salah satunya yaitu semakin tak terurusnya fasilitas dan kebersihan di area kampus USU.

Berdasarkan penuturan Samsiyah, salah satu petugas kebersihan di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) diketahui bahwa selama pandemi COVID-19 terjadi pengurangan karyawan kebersihan dan petugas sapu jalanan di USU.

“Di FIB, biasanya kami bisa menyelesaikan tugas bersih-bersih sampai jam 2 siang. Tapi sekarang bertambah durasi kerjanya hingga jam 4 sore. Lain lagi dengan petugas sapu jalanan USU, mereka kini malah bekerja dua hari sekali setelah terjadi pengurangan petugas sapu jalanan,” tutur Samsiyah saat diwawancarai langsung oleh Suara USU, Senin (20/07).

Realitas tersebut ternyata juga mendapatkan perhatian dari beberapa mahasiswa yang sering mengunjungi USU.

Salah satunya Aulia, mahasiswi dari jurusan Sastra Arab. Ia yang dalam beberapa kesempatan mengunjungi USU, memaparkan keluhannya mengenai keadaan kampus yang semakin tak terurus.

“Sekarang di trotoar samping FIB yang menuju ke perpustakaan banyak lumut,” ujar Aulia.

Senada dengan Aulia, Bayu Suwandira Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) angkatan 2016 juga mengeluhkan kebersihan kampus dan fasilitas yang ada di USU selama pandemi. Menurutnya di sekitaran FT sekarang rumput liar sudah tinggi menjulang. Sisa dedaunan yang jatuh pun acapkali tak dibersihkan.

“Sekarang di dalam gedung kampus juga sudah banyak sawangnya. Dari pantauan saya, sekarang tinggal sedikit petugas kebersihan yang aktif bekerja,” ucap Bayu.

Bayu juga berharap, kedepannya kebersihan dan fasilitas kampus tetap dapat terjaga dan terurus. Mengingat masih banyak mahasiswa dan pegawai yang masih berkegiatan di kampus.

Sementara itu mahasiswi lainnya, Awanda Zuliana Hasibuan menyampaikan pendapatnya. Ia berujar meskipun sekarang ini di beberapa tempat di USU minim perawatan, namun untuk beberapa fasilitas ada juga yang semakin membaik. “Kini sudah ada perubahan pada fasilitas. Contohnya seperti masjid atau musala di USU yang belakangan ini direnovasi,” papar Awanda.

Redaktur Tulisan: Kurniadi

Related posts

Ketua Umum Baru IMA FT USU Berharap Anggota Semakin Bersinergi

redaksi

Kepengurusan Suara USU Periode 2021/2022 Dimulai, Ini Harapan Pimpinan Umum Baru

redaksi

Viral Nyanyian Profesor USU Dibuat Hanya Dalam Satu Hari

redaksi