SUARA USU
Kabar Kampus

Inagurasi di Mata Mahasiswa USU Saat Ini

Penulis: Zukhrina Az-Zukhruf

Suara USU, Medan. 7 tahun berselang tepatnya pada Agustus 2013 lalu, Pembantu Rektor (PR) III saat itu, Raja Bongsu Hutagulung mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Pelarangan Inagurasi di USU.

Polemik pelarangan tentang inagurasi tersebut sampai saat ini acapkali masih jadi perbincangan hangat di kalangan mahasiswa maupun otoritas kampus.

Dewasa ini, kata “inagurasi” bahkan diasumsikan oleh sebagian kalangan akademik di USU sebagai sesuatu yang salah, menyeramkan, dan tak layak diikuti.

Beberapa mahasiswa semester 3 yang ditanyai soal inagurasi bahkan langsung menyatakan ketidaksetujuan soal kegiatan inagurasi.

“Kata orang-orang kalau inagurasi itu kayak diplonco gitu ya bang. Jadi aku nggak berani ikut kemarin waktu ada kegiatan-kegiatan kayak gitu,” ujar Putri, Mahasiswi semester 3.

Lain hal dengan Putri, Fatih Zia Al Haq mahasiswa Sastra Arab mengemukakan pengalaman baiknya mengenai inagurasi.
“Inagurasi kalau caranya baik pasti manfaatnya juga dapat baik. Contohnya untuk menciptakan momentum bagi junior dan senior saling mengakrabkan diri. Sehingga sangat disayangkan sebenarnya bila para mahasiswa baru tidak mengikutinya. Tapi setidaknya jika tidak dilaksanakan inagurasi, alternatif lainnya adalah dengan mengadakan forum diskusi santai untuk membentuk ikatan yang kuat antara senior dan junior,” kata Fatih.

Senada dengan apa yang dirasakan Fatih, sikap optimis dan positif juga dikatakan oleh Giat Marpaung, mahasiswa asal Fakultas Pertanian USU. Menurut Giat, inagurasi tentu selalu punya sisi baik apabila dilaksanakan secara terstruktur dan tujuannya jelas.

“Di Pertanian ada namanya SC (Sterring Commite) di mana kegiatan ini membuat kami menjadi seperti kakak/abang kandung mereka yang akan membantu mereka jika ada kendala dalam perkuliahan. Maka kami melakukan kegiatan ini sesuai prosedur dan aturan yang ada,” papar Giat.

Rina Zahara Lubis mahasiswa semester 8 juga tak mau ketinggalan memberikan pandangannya tentang inagurasi. Rina menjelaskan bahwa inagurasi baginya hanya seperti kegiatan ospek di sekolah.

“Di inagurasi biasanya kita lebih dalam pengenalannya kepada jurusan. Kegiatannya seperti ada edukasi, sharing dan games juga, pokoknya seru dehh,” terang Rina kepada Suara USU.

Redaktur Tulisan: Kurniadi Syahputra

Related posts

Belum Mendapat Kejelasan, Rekrutmen PEMA USU Masih Menjadi Pertanyaan!

redaksi

66 Pengurus HMJ SOLIDAS USU Resmi Dilantik!

redaksi

Naufal Hisyam, Ketua Umum Baru PK HIMALA USU

redaksi