SUARA USU
Kabar Kampus

Rayakan Dies Natalis, FKM USU Adakan Pengabdian Masyarakat

Reporter: Jerri Valdo Sihaloho/Betania Manullang/Tiara Angelia/Mei Siahaan

Suara USU, Medan. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM USU) mengadakan puncak perayaan Dies Natalis yang ke-30 pada Selasa, (19/12/2023). Dengan mengangkat tema “ The Role Of Public Health In Building Community Resilience In Digitalization Era”, FKM USU menyelenggarakan berbagai kegiatan berupa pentas seni, bazar, hingga pengabdian masyarakat.

“Adapun tujuan pengabdian masyarakat ini dengan terus bertambahnya umur FKM dapat terus memberikan dampak berupa peningkatan status kesehatan masyarakat, dan dapat membantu dalam masalah-masalah kesehatan masyarakat,” ucap Andika sebagai Penanggung Jawab kegiatan pengabdian masyarakat.

Andika juga mengatakan bahwa banyak yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini. Pada masyarakat diberikan flyer mengenai kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan tersebut. Adapun tujuannya untuk merekam berapa jumlah yang akan ikut dalam kegiatan ini. Setelah itu, yang telah mendaftarkan diri  akan mengikuti cek kesehatan yang dimulai pukul 9 pagi sesuai dengan pos yang telah didaftarkan. Pada formulir yang telah disediakan, terdapat kurang lebih 300 orang yang mendaftar untuk cek kesehatan yang artinya ada peningkatan minat masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan di setiap dies natalis FKM. Namun, pada Dies natalis tahun ini ada yang berbeda, yaitu bertambahnya pos kesehatan, yaitu pos perawatan kecantikan (facial), pijat, dan pemeriksaan mata. Jadi secara keseluruhan ada 6 Pos kesehatan yaitu, POSBINDU PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular), cek kesehatan gigi, donor darah, perawatan kecantikan, foot massage (pijat kaki), dan cek kesehatan mata.

“Persiapan Dies Natalis FKM ini launching dimulai 28 agustus 2023 dan melibatkan sekolah tinggi kesehatan se-Sumut, dan kegiatan ini dilaksanakan paralel mulai agustus, hingga november dan puncaknya pada hari ini.   Perbedaan dengan tahun sebelumnya juga yaitu pada tahun ini turut berpartisipasi para pihak eksternal. Pada launching dies juga dilaksanakan seminar virtual yang diikuti juga oleh menteri kesehatan republik Indonesia”, ungkap Bapak Dhani Syahputra bukit SKM.,MKM selaku Ketua Dies Natalis FKM USU 2023.  Beliau juga mengapresiasi mahasiswa yang berhasil menyukseskan kegiatan ini.

“Untuk output dari kegiatan kali ini adalah agar hubungan antarfakultas kesehatan se-Kota Medan semakin baik dan kolaborasi semakin erat. Harapannya, dengan ultah yang ke-30 dapat semakin matang”, ucap Anisa sebagai penanggung jawab acara dies natalis.

“Besar harapan kami dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa diberikan wadah dalam memberikan kontribusi yang bermanfaat, lancar dan sukses ke depannya,” Ucap Alfonso dan Yesi sebagai mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

KKNTR- 118 Desa Dolok Ilir I Sukses Adakan Sosialisasi Pendirian Koperasi

redaksi

Menatap World Class University, USU Reformasi Letak dan Kinerja UKM!

redaksi

Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU Melakukan Case Method di Panti Asuhan Al-Marhamah yang Sedang Berjuang untuk Memiliki Pekerja Sosial Sesuai dengan Ketentuan Permensos Nomor 1 Tahun 2020 Bagian 2 Pasal 6 Ayat G

redaksi