SUARA USU
Kabar Kampus

Delapan Tim PKM USU Lolos ke PIMNAS, Dukung dan Persiapkan Dirimu untuk PKM 2024

Repoorter: Enjelika Marselina/Valen

Suara USU, Medan. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program dari Kemdikbud RI yang bertujuan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Universitas Sumatera Utara berhasil masuk 10 besar universitas penerimaan pendanaan PKM 2023 dan berhasil meloloskan delapan tim PKM-USU untuk bertanding di PIMNAS 2023. Berikut tim yang berhasil mewakili USU di PIMNAS 2023.

  1. PKM-K, (Scolar) Smart Comic Learning Berbasis Augmented Reality sebagai Edukasi Pencegahan Perundungan Anak Sejak Dini diketuai oleh Muhammad Afifan Aly Rahman Saragih.
  2. PKM-K, Strawban: Edible Straw Berbahan Dasar Bioplastik Pati Kulit Pisang Kepok (Musa paradisiaca) Biodegradable diketuai oleh Quizksan Therevia Siregar.
  3. PKM-KC, NEONAIOT: Inkubator Cerdas Berbasis Internet of Things (IoT) dan Data Management System Guna Menurunkan Angka Kematian Neonatal (AKN) diketuai oleh  Kurniawan Siddiq.
  4. PKM-KI, Proteg: Atap Elektrik Berbasis Thermoelectric Generator (TEG) Terpolis Cat Konduktif Perovskite/rGO Limbah Aki Bekas Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Matahari diketuai oleh Agus Nurbillah
  5. PKM-RE, Potensi Bio-Silika dari Limbah Kelapa Sawit sebagai Perehabilitasi Lahan Marginal Kering pada Tanaman Jagung (Zea mays L.) diketuai oleh Agris Soufri Laila.
  6. PKM-RSH, permainan Tradisional Batak Ompat-Mar Galing Berbasis Modul Pembelajaran sebagai Protection of Culture dan Self Development: Concrete Operational Stage diketuai oleh Arief Budi Mulia.
  7. PKM-VGK, NeoHada: Gedung Perkotaan Adaptif berbasis Solar-Piezoelectric dan Rooftop Farming Guna Mewujudkan Resilient Cities dalam Mencegah Banjir dan Krisis Pangan diketuai oleh Ananda Rizqullah.
  8. PKM-VGK, Toba Ecotheraphy: Pusat Rehabilitasi berbasis Green Architecture sebagai Upaya Penyembuhan Diri Demi Mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba diketuai oleh Mhd. Irsan.

Inspirasi untuk terus berkiprah di PKM dapat berlanjut di tahun 2024 mendatang. Untuk Sobat Suara USU yang berminat mengikuti PKM 2024, sudah bisa mulai mengumpulkan ide dari sekarang sebab seleksi penerimaan proposal PKM internal USU 2024 sudah dibuka mulai dari tanggal 7 November 2023-14 Januari 2024.

Berikut bebarapa tips yang Suara USU rangkum dari beberapa peserta yang lolos ke PIMNAS 2023:

  • Pertama, teman-teman semua harus mempersiapkan ide-ide menarik yang kira-kira cocok untuk diperlombakan di PKM nanti. Buat teman-teman yang belum belum dapat ide udah bisa dicari mulai dari sekarang ya.
  • Setelah mendapatkan ide, teman-teman bisa lanjut untuk membuat proposal yang bakal di seleksi secara internal oleh pkmcenterusu dan jangan lupa untuk mencari dosen pendamping yang kira-kira bisa membantu teman-teman sekalian untuk maju ke PIMNAS nantinya.
  • Perhatikan pemilihan skema yang tepat untuk ide yang kalian buat karena tentunya ini berpengaruh untuk kelolosan teman-teman semua.
  • Tips selanjutnya adalah ikuti semua panduan dari simbelmawa dan kerjakan semua saran-saran dari juri yang tentunya membantu untuk kemajuan program kegiatan teman-teman semua.
  • Jangan lupa untuk selalu update jadwal-jadwal kegiatan penting PKM ini ya. Teman-teman semua bisa buka web simbelmawa. instagram pkmcenterusu, dan instagram ditmawaalumni.usu untuk info-info penting lainnya.

Informasi lebih lanjut bisa didapat pada laman Instagram @pkmcenterusu dan @ditmawaalumni.usu atau kunjungi web simbelmawa: SIMBELMAWA.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Tim Hy-Patriot PKM-PM USU Luncurkan Inovasi Kartu Permainan Edukatif dan Homemade Hand Sanitizer Mencegah Demam Tifoid

redaksi

Tingkatkan Pemahaman tentang Permedikbudristek No.30 Tahun 2021, PEMA FH USU Kolaborasi dengan GMNI FH USU Adakan Webinar

redaksi

Perbaikan “New Normal” Kebijakan Baru Di tengah Goncangan COVID-19 Akankah Berjalan Efektif?

redaksi