SUARA USU
Kabar Kampus

IMIB USU, Paguyuban Mahasiswa Minang

Oleh: Annisa

Onde mande, ada apa ini? Kenapa tiba-tiba tiba menggunakan bahasa Minang? Benar, kali ini kita akan mengulik sebuah organisasi kedaerahan yang ada di USU, yaitu IMIB (Ikatan Mahasiswa Imam Bonjol). Apa itu? Ayo kita cari tahu!

Apa itu IMIB USU?

IMIB USU atau Ikatan Mahasiswa Imam Bonjol USU merupakan organisasi paguyuban yang menjadi wadah untuk berkumpulnya Mahasiswa USU yang berasal dari Sumatera Barat. Organisasi yang didirikan sejak 8 Juli 1962 ini berlandaskan kekeluarga.

Di IMIB juga menjadi ajang kumpul para mahasiswa minang yang berada di USU untuk rilis rindu kepada keluarga, sebab banyak berasal dari kampung yang sama.

Organisasi ini terdiri dari Presidium, yakni Ketua IMIB dan jajaranya, serta memiliki 6 bidang, yaitu Bidang Pembinaan Anggota (PA), Bidang Perguruan Tinggi Kepemudaan dan Pendidikan (PTKP), Bidang Minat Bakat (MINBAK), Bidang Keuangan dan Logistik (KEULOG), Bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS), dan Bidang Kerohanian

Kegiatan apa saja yang dilakukan oleh IMIB USU?

Organisasi ini memiliki visi dan misi, yakni untuk melestarikan budaya Minangkabau. Maka, hampir semua kegiatan pasti tak lepas dari kebudayaan Minang. Bahkan untuk berkomunikasi sehari – hari, mereka yang fasih berbahasa minang kerap  melestarikan bahasa daerah. Namun mereka juga tetap menggunakan bahasa Indonesia jika sedang mengadakan rapat dan pertemuan.

Ada kegiatan tahunan yang dilakukan oleh IMIB, yaitu PBM (Pagelaran Budaya Minang) yang dilaksanakan di gelanggang. Ini merupakan kegiatan yang dikoordinasikan oleh Bidang Minat dan Bakat IMIB USU.

Selain kegiatan tahunan yang seru, mereka juga selalu melakukan kegiatan mingguan untuk mengeratkan solidaritas organisasi. Kegiatannya seperti pada minggu pagi yaitu IMIB Sehat yang diadakan di lapangan CIKAL, bermain futsal antar paguyuban, sanggar tari, acara kerohanian, dan lainnya. Namun saat pandemi seperti ini, seluruh kegiatan harus dilakukan secara online dan tetap disesuaikan dengan kebutuhan IMIB sehingga silaturahmi tetap terjalin.

Bagaimana cara agar dapat bergabung dengan IMIB USU?

Setiap tahun, IMIB USU membuka perekrutan anggota sejak adanya pengumuman seleksi masuk mahasiswa baru di USU. Lalu, IMIB USU akan mendata mahasiswa USU yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Dapat dikatakan bahwa seluruh mahasiswa baru yang bersuku Minang memiliki hak IMIB USU secara langsung.

Untuk menyambut para mahasiswa baru, IMIB USU membuat Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) yang digagas oleh Bidang Pembinaan Anggota (PA). Penyambutan ini bertujuan untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai IMIB USU, serta berkenalan dengan para anggota terdahulu.

Jadi ba a, nio ndak bagabuang Jo organisasi ko?

Redaktur: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

KIP Kuliah: Maju-Mundur, Maju-Mundur Cair

redaksi

Sosialisasi Fungsi Kartu Pra Kerja di Kalangan Mahasiswa: Kepala Staf Kepresidenan RI Berikan Kuliah Umum di USU

redaksi

Mengenal Panti Rehabilitasi Medan Plus dengan Penerapan Therapy Community sebagai Bentuk Tahapan Groupwork pada Residen

redaksi