SUARA USU
Uncategorized

Meningkatkan Minat Baca Anak Di Panti Asuhan Cinta Kasih

Oleh: Angelique Triana

Suara USU, Medan. Kegiatan Praktek Kerja Lapangan Pertama (PKL 1) di Panti Asuhan Cinta Kasih yang beralamat di Jalan Sei Brantas No.70 Babura Sunggal Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20154. Dengan Mahasiswi Praktek bernama Angelique Triana (210902098) dan Supervisor Dra. Erni Asneli Asbi, M. Si. Kegiatan PKL 1 ini berlangsung selama kurang lebih 3 bulan yaitu dimana dimulai dari tanggal 18 Maret 2024 sampai dengan 3 Juni 2024.

Berdirinya panti asuhan ini pada tahun 2020, yaitu pada saat Indonesia dilanda wabah Covid-19 saat itulah LKSA Panti Asuhan Cinta Kasih di dirikan untuk membantu anak-anak yang tidak ada orangtua, anak yang terlantar sekolah, anak yang kurang mampu untuk mengikuti kegiatan belajar secara online karena mereka keterbatasan pendidikan dan ekonomi. Mulai Tahun 2020 berkumpul anak-anak LKSA Panti Asuhan Cinta Kasih ini dengan jumlah jumlah anak asuh sebanyak 42 orang anak. Pada Tahun selanjutnya sampai sekarang Tahun 2024, anak-anak asuh LKSA Panti Asuhan cinta Kasih tetap berjumlah 42 anak. Laki-laki berjumlah 26 orang, dan anak perempuan 16 orang.

Pada tanggal 20 Maret 2024, saya melakukan pertemuan pertama memberikan surat izin kepada kepala panti dan mengadakan observasi perkenalan diri dengan anak-anak asuh yang ada di panti itu. Setelah perkenalan dihari berikutnya, saya mengadakan games, bernyanyi bersama, mewarnai, melakukan kuis dan belajar mengajar bersama anak-anak panti. Hal ini ditujukan agar saya lebih dekat kepada anak-anak panti dan saling mengenal.

Setelah saya melakukan kegiatan belajar mengajar, saya mendapati anak yang sulit membaca. Dan setelah saya melihat ada yang belum lancar membaca, saya membuat mini project untuk membantu meningkatkan minat baca anak panti. Mini project dibuat dengan menggunakan tahapan casework. Saya mendapat 1 anak, yaitu Putra umur 6 tahun,  masih duduk dibangku sekolah dasar (SD).

Intervensi sosial dalam ranah mikro (individu) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pekerja sosial dalam bentuk layanan pendampingan untuk mengatasi klien secara langsung. Dalam kegiatan PKL ini juga dilakukan mini project yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan.

Dalam membantu klien menyelesaikan  permasalahan tersebut, saya menggunakan metode casework yang terdiri dari beberapa tahapan berikut ini (Skidmore, Thackeray dan Farley: dalam Adi (204-208).

Berikut tahapan pelaksanaan mini project :

  • Tahapan Penelitian (Study Phase)

Mulai terjalin relasi antara pekerja sosial dan klien. Pada tahap ini relasi antara saya dan putra berkembang, dengan mengumpulkan dan memilah data klien yang dapat menjadi pegangan proses tahapan terhadap klien.

  • Tahapan Pengkajian (Assesment Phase)

Tahapan ini diawali dengan masalah yang dialami klien, sebagai langkah pertama untuk memahami permasalahan yang diawali oleh klien dengan menganalisis menggunakan SWOT.

  • Tahapan Intervensi

Tahapan ini sebenarnya sudah dapat dikatakan sebagai treatment ketika sudah membantu klien untuk membantu kondisi klien. Saya dan putra melakukan proses pemecahan masalah dengan berbagai program perencanaan. Dimana dimulai dengan memberikan pemahaman yang perlu diajarkan kepada putra. Saya memberikan nasehat, agar selalu menggunakan waktu membaca.

  • Tahapan Terminasi

Tahapan ini merupakan tahapan dimana  relasi antara saya dan putra dihentikan. Dan saya sudah melihat adanya perubahan terhadap putra.

Demikian yang bisa saya bagi tentang pengalaman dan hasil praktikum saya selama kurang lebih tiga bulan. Banyak sekali yang saya dapatkan selama melakukan praktik di Panti Asuhan Cinta Kasih ini. Dan saya mengucapkan terimakasih kepada kepala panti dan kepada anak-anak yang sudah ikut program yang saya buat.

Artikel ini adalah publikasi tugas Praktek Kerja Lapangan dengan Dosen Pengampu Fajar Utama Ritonga S.Sos., M.Kesos.

Redaktur: Khalda Mahirah Panggabean 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Penerapan Sila Keempat di Lingkungan Kampus

redaksi

Merawat Kebhinekaan dan Keberagaman Indonesia: Cara Menyikapi dan Menghargai Sebuah Perbedaan

redaksi

Pentingnya Pemahaman Wawasan Nusantara di Era 4.0

redaksi