SUARA USU
Tempat

Padangsidimpuan: Kota Salak dengan Keasrian Alamnya

Oleh: Vimelia Fratiwi Hutapea/Syarifah Puteri

Suara USU, Medan. Padangsidimpuan adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara. Wilayah ini merupakan kota terbesar di daerah Tapanuli yang dikelilingi oleh kabupaten Tapanuli Selatan. Letaknya yang strategis menjadi tempat persinggahan beberapa kultur daerah lain seperti Minang, Mandailing, Palas dan Melayu. Meskipun begitu, Padangsidimpuan tetap mempertahankan kelestarian budayanya.

Padangsidimpuan memiliki julukan terkenal yakni “Kota Salak”. Julukan ini berasal dari daerah pinggiran Padangsidimpuan yang merupakan produsen salak terbesar yang disebut “Parsalakan”.

Parsalakan sendiri adalah wilayah Tapanuli Selatan yang memiliki pohon salak di sepanjang ruas jalan. Buah dengan rasa manis, asam, dan sepat ini dipanen lalu dijual di kota Padangsidimpuan. Hal ini sudah menjadi mata pencarian utama warga selain menyadap karet dan berkebun kopi.

Selain bisa ditemukan di kota Padangsidimpuan, hal menarik lain dari salak ini adalah para pengunjung dapat memetik buah langsung dari pohonnya serta langsung mengonsumsinya. Maka tidak heran jika warga sangat merawat pohon salak karena harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah persumpit/keranjang.

Wilayah Padangsidimpuan juga terkenal akan tempat pariwisata yang eksotis serta alami. Beberapa rekomendasi tempat yang harus kamu kunjungi jika sedang berada di kota salak ini adalah Tor Simarsayang, Bukit Teletubbies, Kaisar Waterpark, Aek Sijorni, dan Air Terjun Silima-Lima. Meskipun Padangsidimpuan adalah kota besar, daerah ini masih asri dan sejuk karena wisata alam yang mengelilingi Padangsidimpuan masih terawat baik. Nah, kawasan ini sangat cocok dikunjungi saat berlibur, bukan?

Redaktur: Taty Kristina 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

The Gade Creative Lounge: Area Menarik di Pepustakaan

redaksi

Tangkahan Camp : Salah Satu Tempat Menikmati Tangkahan dengan Cara yang Berbeda

redaksi

Tujuh Pancuran Mata Air bernama Aek Sipitu Dai yang Dipercaya Dapat Mengabulkan Permintaan

redaksi