SUARA USU
Film

Sajikan Alur Cerita Penuh Inspirasi, Inilah Film Soul yang Miliki Banyak Keistimewaan

Oleh: Putri Aisyah Silalahi

Suara USU, Medan. Soul adalah film animasi komputer Amerika Serikat tahun 2020, disutradarai oleh Pete Docter, diproduksi Pixar Animation Studios, dan ditayangkan Walt Disney Pictures. Film ini menyajikan sebuah kisah yang memukau dan menginspirasi yang mengajak penontonnya masuk ke dalam perjalanan emosional yang penuh makna. Soul menjadi film pertama dari Pixar yang tidak ditayangkan di bioskop secara luas dan film pertama yang disebut sebagai Disney+ Asli. Dengan menggabungkan animasi yang memukau dan pesan moral yang mendalam, Film Soul tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan refleksi tentang kehidupan, menampilkan kerjasama brilian antara Pixar dan Disney.

Cerita Film Soul berpusat pada Joe Gardner, seorang instruktur musik yang bercita-cita menjadi pemain jazz terkenal. Ia sudah lama bermimpi, namun mimpinya belum juga menjadi kenyataan, membuatnya hampa dan tidak puas. Joe akhirnya mendapat kesempatan luar biasa, suatu hari ketika dia menerima undangan untuk bermain di klub jazz ternama. Fantasinya tampak menjadi kenyataan, dan dia dipenuhi kebahagiaan. Namun ketika Joe sedang dalam perjalanan pulang, dia mengalami kecelakaan mematikan, dan saat itulah takdir berubah. Setelah kecelakaan itu, dia mengalami koma yang membawanya ke dunia lain. Di sana, dia tersesat dalam “The Great Before”, sebuah lokasi di mana jiwa-jiwa yang baru diciptakan dipersiapkan sebelum datang ke Bumi.

Berbagai kendala dihadapi Joe, antara lain harus merelakan banyak cita-citanya menjadi musisi jazz. Kesulitan tersebut juga berdampak untuk timnya. Sebagai sebuah tim, mereka menghadapi tantangan dan berbagi pengalaman hidup yang memperkuat persahabatan mereka. Ini adalah awal dari perjalanan Joe dan 22, saat mereka semakin dekat untuk menyadari apa arti kehidupan sebenarnya dengan setiap langkah yang mereka ambil.

Secara visual, film ini menawarkan animasi yang indah dan menawan untuk berbagai pemirsa. Penggunaan animasi yang cekatan membuat film ini menarik bagi pemirsa dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Film ini memberikan pelajaran moral yang mendalam tentang kehidupan. Narasi Film Soul mengajak penonton untuk mempertimbangkan makna dari keberadaan dan pentingnya memiliki rasa syukur atas semua berkat kehidupan. Ketika kita masih muda, kita didorong untuk memanfaatkan setiap momen dengan melakukan perbuatan baik yang memberikan dampak positif untuk orang lain dan diri kita sendiri.

Film ini juga menekankan betapa pentingnya menjaga interaksi interpersonal yang positif, menjauhkan diri dari keegoisan, dan sadar akan lingkungan sekitar. Bahkan ketika dihadapkan pada keputusasaan dan kekecewaan, film Soul mengingatkan kita bahwa menjadi dewasa adalah bagian penting dari proses yang akan membuat kita menjadi individu yang lebih kuat. Dalam beberapa tahun terakhir, film Soul telah muncul sebagai salah satu film animasi yang paling tak terlupakan. Selain memberikan hiburan, kemunculannya di layar mendorong pemirsa untuk mempertimbangkan tujuan hidup dan prinsip-prinsip yang benar-benar berarti.

Redaktur: Fransiska Zebua


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Duty After School, Kisah Para Remaja yang Mencoba Bertahan Hidup

redaksi

Pamali: Dusun Pocong- Melanggar Adat, Mengundang Bencana

redaksi

Film Evil Dead Rise, Horor Klasik Penuh Gore Extreme

redaksi