SUARA USU
Kabar Kampus

Suka Traveling? Yuk, Kenalan Dengan Jurusan Pariwisata!

Oleh : Miranda Agnelya N

Suara USU, Medan. Apakah kamu pernah membayangkan betapa asiknya berkarir sambil melakukan hobi?. Apalagi kalau kamu hobinya traveling, jurusan Pariwisata ini cocok banget sama kamu. Salah satu universitas yang menyediakan program studi Pariwisata untuk jenjang Diploma III adalah Universitas Sumatera Utara, tepatnya pada tahun 2017 sah berubah nama menjadi  Program Studi D-III Perjalanan Wisata.

Jurusan Pariwisata di USU tergabung dalam Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Namun, jangan berpikir kalau kamu nantinya akan selalu traveling ya, karena di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengurus sebuah tour atau kegiatan-kegiatan pariwisata dan tentunya dengan serius, bukan untuk main-main ya!.

Seperti yang disampaikan oleh seorang mahasiswa Pariwisata bernama Christian Sirait, bahwa jurusan Pariwisata tidak hanya belajar mengenai tempat-tempat wisata melainkan kamu dapat mengetahui apa saja potensi pariwisata yang ada di Indonesia, kemudian bagaimana cara
mengelolanya, dan tentunya mengetahui kebudayaan yang ada disetiap daerah potensi wisata.

“Di pariwisata kami tidak hanya belajar tentang tempat wisata, melainkan mempelajari tentang kebudayaan Indonesia, masyarakat Indonesia, keterampilan bahasa asing seperti Inggris, dasar manajemen, sistem informasi pariwisata, pengantar perhotelan, pabean imigrasi, dan karantina,” ungkapnya dalam wawancara melalui WhatsApp.

Tapi, kamu pasti bertanya-tanya apakah sebelum masuk jurusan Pariwisata kamu harus mahir berbahasa Inggris?. Jawabannya tidak sama sekali, jadi jangan khawatir ya, karena kemampuan berbahasa kamu justru akan dilatih setelah memasuki jurusan ini. Di jurusan Pariwisata ini kamu akan mempelajari bahasa-bahasa asing, seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang bahkan bahasa German. Sangat menarik bukan?. Selain menjalankan hobi, kamu juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa kamu di jurusan ini.

Nah, peluang dan prospek kerja jurusan ini sangat terbuka lebar dan tentunya dengan gaji yang lumayan besar. Beberapa prospek kerjanya, yaitu pengelola tempat wisata, travel blogger, tour guide, perhotelan, pelayaran, dan masih banyak lagi.

“Biasanya kami mengadakan praktek lapangan seperti mengunjungi tempat wisata alam, atau ke Dinas Pariwisata. Tidak hanya itu, di jurusan Pariwisata ini juga ada kegiatan seperti pembuatan video wisata alam juga yang bekerjasama dengan dosen. Tentunya jangan takut dengan tugas yang akan diberikan oleh dosen, karena dosen di jurusan Pariwisata ini sangat
pengertian loh,” Jelas Christian.

Nah, tunggu apalagi?. Jangan takut apalagi ragu untuk mengambil jurusan ini.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar

Related posts

HUMAS USU Gelar Workshop Videographer dan Video Editing

redaksi

DPK GMNI Fakultas Kehutanan Gelar Webinar dalam Rangka Mensejahterahkan Perekonomian Masyarakat di sekitar Hutan

redaksi

Dua Dari Enam Kandidat Calon Rektor USU Mengundurkan Diri Sebelum Audisi

redaksi