SUARA USU
Kabar Kampus

USU Duduki Peringkat ke 12 Universitas Terbaik di Indonesia, Jadi yang Paling Unggul Di Pulau Sumatera

Reporter: Zalfaa Tirta

Suara USU, Medan. Webometrics baru saja merilis urutan peringkat kampus kampus di seluruh dunia, termasuk kampus di Indonesia.  Webometrics sendiri adalah suatu sistem pemeringkat yang secara cermat mengevaluasi dan memberikan penilaian terhadap seluruh perguruan tinggi di seluruh dunia berdasarkan kinerja dan keberadaan online mereka melalui analisis website resmi perguruan tinggi tersebut.

Webometric menetapkan 4 standar kriteria atau indikator dalam penilaian kinerja kampus sebelum menentukan peringkat, diantaranya adalah Presence, Visibility, Oppenes dan excellence. Setiap kriteria memiliki bobot penilaian yang berbeda. Presence atau kehadiran, adalah penilaian yang memiliki bobot 5% yang menghitung setiap halaman web dari perguruan tinggi yang terdaftar oleh search engine.

Visibility impact menyumbang sebanyak 50% penilaian, dimana kualitas konten dievaluasi dengan menghitung semua eksternal link yang diterima oleh web domain perguruan tinggi dari pihak ketiga. Selanjutya ada kriteria Oppenes yaitu banyaknya file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan lain sebagainya yang tersedia di bawah domain website perguruan tinggi yang terdeteksi oleh search engine. Oppenes atau keterbukaan memiliki bobot 10% dari penilaian. Terakhir ada Excellence, saat ini ranking excellence Universitas Sumatera Utara ada di angka 2581. Kategori Excellence dengan bobot 35% dari penilaian  dimana kategori ini menilai banyaknya  jumlah artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terdaftar di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar.

Di tahun sebelumnya Universitas Sumatera Utara meraih peringkat ke-14 Universitas terbaik di Indonesia menurut Webometrics dan peringkat ke 1.647 di Dunia. Nampaknya Universitas Sumatera Utara menunjukan perkembanganya di 5 tahun terakhir tepatnya 2019, Universitas Sumatera Utara bahkan tidak bisa menggapai lingkaran 15 besar Universitas Terbaik menurut Webometrics.

Keadaan berubah, di 2024 Universitas Sumatera Utara bahkan mampu menaikkan peringkatnya sejauh 150 rank keatas untuk peringkat Universitat tingkat dunia. Universitas Sumatera Utara Juga menjadi yang paling unggul peringkatnya untuk universitas di luar pulau jawa. Ini membuktikan bahwa USU juga bisa bersaing sehat dengan universitas yang ada di pulau Jawa.

Kemampuan ini juga menunjukan kemauan dan sikap competitive USU dalam skala global. Webometrics tidak menjadi satu satunya Indikator penilaian kualitas kampus, Webometrics melakukan di pemeringkatan USU di situs internet, Webometrics tidak menilai kualitas kampus secara menyeluruh termasuk fasilitas dan kinerja kampus langsung di lapangan, menyadari masih banyaknya hal yang masih perlu perhatian extra dan perlu adanya perbaikan dengan adanya prestasi, pencapaian dan gelar yang dimiliki USU sekarang para pengurus akademika tidak boleh cepat puas, USU harus terus tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dan lebih unggul.

Redaktur: Grace Pandora Sitorus 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

ISMKMI Goes To Campus: Cara ISMKMI Gandeng PEMA Fakultas

redaksi

KAMMI Merah Putih USU Kembali Adakan Pengabdian Masyarakat di Desa Jaring Halus

redaksi

Communication in Action 2024: Program Tahunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi

redaksi