SUARA USU
Kabar Kampus

Paguyuban KSE USU Adakan Lomba Esai dan Poster

Reporter: Joy Natalia Sidabutar / M. Ghozi Muzakki

Suara USU, Medan. Salah satu cara mahasiswa untuk menyalurkan hasil kreativitasnya adalah dengan mengikuti berbagai lomba. Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) USU kembali mengadakan perlombaan tingkat nasional yaitu KSE Juara Essay and Poster Competition 2024. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wadah dan sarana dalam mengembangkan opini dan gagasan yang kreatif, inovatif, dan aplikatif dari anak bangsa serta melatih dalam mengkritisi dan menganalisis permasalahan-permasalahan serta potensi yang ada di Indonesia.

Tema yang diangkat pada KSE Juara Essay and Poster Competition 2024 adalah “Optimalisasi Peran dan Inovasi Generasi Muda dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024”. Dengan sub tema kesehatan, pendidikan, teknologi, ekonomi, pertanian, energi dan lingkungan.

Pendaftaran gelombang pertama telah dibuka sejak tanggal 21 Januari hingga 10 Februari 2024 dan gelombang kedua pada tanggal 11 Februari hingga 29 Februari 2024. Lomba ini untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. Selain secara individu, lomba juga bisa diikuti secara maksimal terdiri dari dua orang. Untuk informasi lebih lanjut, bisa didapat di buku panduan pada https://bit.ly/BukuPanduanKSEJUARA2024.

 Rendy selaku ketua panitia menjelaskan kriteria untuk penilaian esai “Untuk kriteria penilaian esai terdiri dari dua babak, yaitu penyisihan yang dilakukan secara internal oleh dua juri dan akan menyisakan tujuh peserta sebagai finalis yang akan lanjut ke tahap presentasi. Peserta yang lanjut ke tahap presentasi akan dinilai mulai dari penyajian powerpoint, sistematika penyajian karya, dan kesesuaian isinya dengan latar belakangan dan tujuannya. Kemudian untuk diskusinya, nah disitu kita lihat bagaimana mereka bekerja sama dalam tim. Jika dia sendiri, cara menyampaikannya kepada publik itu yang dinilai dan itu bobotnya sebesar 45%. Jadi ini kemudian ditotalkan sebesar 100% berdasarkan kriteria dan penilaian tersebut.” Rendy juga menyampaikan penilaian kategori lomba poster juga dilakukan secara internal tanpa ada presentasi.

”Nah, pesan saya sih untuk para peserta ikuti lomba ini secara profesional. Kami juga sebagai pihak panitia penyelenggara akan bersikap profesional semaksimal mungkin untuk menentukan siapa nanti yang akan menjadi juara. Peserta dapat memberikan hasil ide yang terbaik. Jika kita gagal, kita tidak akan gagal seumur hidup. Kegagalan merupakan suatu langkah kita untuk menuju hal yang lebih baik lagi. Bagi yang lolos dapat mempresentasikan hasil karya dengan semaksimal mungkin supaya dapat mencari pemenang dan mengharumkan nama universitasnya masing-masing,” ucap Rendy sebagai pesan untuk peserta yang mengikuti KSE Juara Essay Competition and Poster 2024.

Redaktur: Feby Simarmata


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pertama Kali Adakan Klausa, KBSI Ubah Sudut Pandang Tentang Malam Keakraban

redaksi

Film Kejahatan Digital yang Mengerikan, Unlocked Buat Merinding Para Penonton

redaksi

Sempat Vakum, UKM Bola Voli Kembali Adakan Turnamen UTVC

redaksi