SUARA USU
Kabar Kampus

AIESEC USU Sukses Adakan Webinar Kesetaraan Gender

Oleh : Dini Eka Maulida
Suara USU, Medan. AIESEC USU organisasi internasional kepemudaan yang bergerak di bidang kepemimpinan, selalu menciptakan kegiatan-kegiatan menarik untuk pemuda. Salah satunya Impact Circle (10/06), kolaborasi dengan Somethinc salah satu brand lokal terkenal di Indonesia.

AIESEC menciptakan dan menyediakan Impact Circle sebagai wadah para anak muda dengan pengetahuan dan kesadaran akan SDGs atau pembangunan berkelanjutan. Webinar kali ini, Impact Circle mengangkat tema kesetaraan gender yang sudah sangat familiar di kalangan anak muda dan sosial. Kegiatan ini berlangsung melalui platform zoom, dihadiri lebih dari 240 partisipan menambah semangat antusias dalam mengais ilmu dari para pemateri.

Para pemateri-pemateri yang hebat seperti Manuella Sumitro selaku ‘Podcaster Inwoman Daily’, Velyasha Siregar selaku ‘Brand Manager Somethinc’, dan Tunggal Pawestri selaku ‘Executive Director Yayasan Hivos’ sekaligus Riesma Laylinisa selaku ‘Duta genre Kendal’ sebagai moderator acara ini.

Menurut Mannuela Sumitro, pada dasarnya kesetaraan gender bisa diubah melalui diri sendiri terlebih dahulu, lalu membawa perubahan itu kepada orang lain. Velyasha Siregar sendiri pula berpendapat bahwa menghadapi kesenjangan gender adalah dengan menjadi diri sendiri. Ia juga setuju bahwa pendominasi gender juga memiliki sisi positif, misalnya dibutuhkannya gender tertentu demi keprofesionalitasan pekerjaan dalam memilih staf baru. Tunggal Pawesteri menyatakan bahwa hal-hal diskriminasi melalui kesenjangan gender pada pendidikan, salah satunya bersumber dari kurikulum yang ada di sekolah.

Melalui webinar ini, peserta sangat antusias akan materi dikarenakan sangat berhubungan dengan apa yang dialami di kehidupan sehari-hari. Para peserta juga selalu diingatkan bahwa kita harus menunjukkan nilai-nilai yang ada dalam diri kita tanpa harus memperhatikan gender tersebut. “ Jangan takut untuk mengekspresikan “what’s your feeling” tutur Rahel Chealsea Nauli selaku MC Impact Circle.

Selain itu, IMPACT CIRCLE x Somethinc juga memberikan apresiasi kepada para pembicara, moderator, media partner, community partner khususnya Somethinc, Cakap.com, CERA dan  Riway_appstore yang telah mendukung acara mereka sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Acara ini ditutup dengan pengenalan produk lokal Somethinc dan pengenalan kegiatan AIESEC USU lainnya yang akan berlangsung beberapa bulan kedepan. AIESEC USU tidak pernah gagal dalam menciptakan pemikiran panjang dan luas untuk para anak muda.

Redaktur: Theresa Hana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Memperingati Hari Jadi Ke-41, Kompas USU Adakan Webinar “Treasure Your Trash”

redaksi

Keluar dari 20 Besar, Terjun Bebas Peringkat USU Versi Webometrics

redaksi

Pihak Rektorat Siap Blokir Wisuda Oknum Mahasiswa USU yang Lakukan Investasi Bodong

redaksi