SUARA USU
Kabar Kampus

Ciptakan Kendaraan Hemat Energi Bersama Team Horas USU

Reporter : Lita Amalia

Suara USU, Medan. Team Horas Universitas Sumatera Utara merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan yang berada di lingkup universitas. Organisasi ini tidak bisa dibilang baru, sebab sudah memasuki generasi ke-11 pada tahun 2022. Terdapat 20 anggota dari berbagai macam stambuk, mulai dari 2017 hingga 2019 yang telah berkontribusi besar dalam perkembangan Team Horas USU.

Perihal terbentuknya Team Horas USU dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menciptakan wadah kepada mahasiswa USU agar mampu memproduksi kendaraan yang efisien. Hal tersebut disampaikan oleh Dian Sahputra Sijabat selaku Sekretaris dari Team Horas, “awalnya sebagai wadah mahasiswa untuk bisa menciptakan kendaraan yang efisien dalam penggunaan bahan bakar mulai dari kendaraan berbahan bakar bensin, diesel, bahkan kendaraan listrik,” ungkapnya dalam wawancara melalui WhatsApp (28/2).

Organisasi kemahasiswaan yang memiliki visi ‘our challenge to make a difference in term of energy efficientcy‘ ini, juga berhasil mengukir prestasi yang tidak sedikit dan telah menaklukkan banyak perlombaan internasional. Diantaranya pada 2015, berkesempatan diundang oleh Presiden Ir. Joko Widodo ke Istana Negara sebagai satu tim dari tujuh tim terbaik di Indonesia yang berlaga di Shell ECO Marathon Asia. Selain itu, Team Horas USU juga berhasil menyabet juara 2 pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Masih ada segudang prestasi lainnya yang membuktikan bahwa Team Horas USU bersungguh-sungguh dalam mewujudkan visi dan misinya dalam mengaktualisasikan kendaraan hemat energi.

Dalam merancang sebuah kendaraan, Team Horas USU membagi anggotanya menjadi 5 jenis divisi. Diantaranya ada Body Division yang merancang dan membuat body dari mobil yang akan diikutkan dalam kontes, Electrical Division bertugas merancang dan membuat sistem wiring yang akan digunakan pada mobil, Frame Division berkontribusi dalam merancang dan membangun chasis mulai dari sistem kemudi, rem, transmisi hingga ke roda, dan Engine Division bertugas membangun sebuah motor penggerak yang akan digunakan pada mobil nantinya. Organisasi ini juga dilengkapi dengan Multimedia Division yang bertanggungjawab untuk mempublikasikan Team Horas USU baik secara internal maupun eksternal dan turut melaksanakan proses administrasi.

Ditanya soal rencana dan harapan, Dian Sijabat menjawabnya dengan penuh antusias, “team Horas USU sudah dari dulu ikut serta dalam level nasional maupun internasional. Sudah banyak juga penghargaan yang didapatkan oleh tim ini. Untuk itu Team Horas USU akan tetap optimis dalam tiap kompetisi yang berkaitan dengan visi misi Team Horas. Untuk harapan kedepannya seiring dengan perkembangan teknologi, Team Horas USU akan terus bertahan dan mengembangkan lebih jauh inovasi dan riset dalam efisiensi energi,” pungkasnya.

Redaktur : Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Rektor USU Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

redaksi

Berbagi Takjil Gratis, Ketua IMIKS Harap Kegiatan Dapat Bermanfaat dan Jadi Ladang Pahala

redaksi

KPS FH USU Berhasil Raih Juara I dalam NMCC AML VII yang Diadakan oleh Universitas Trisakti

redaksi