SUARA USU
Kabar Kampus

GMKI Fakultas Hukum USU Gelar Perayaan Paskah Bertemakan Pengorbanan-Nya Mengubah Hidupku

Reporter : Yulia Tarigan

SUARA USU, Medan. Paskah merupakan perayaan besar bagi umat Kristiani untuk memperingati hari kebangkitan Tuhan Yesus, Sang Jurus’lamat. Dalam memperingati momentum besar tersebut, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Komisariat Fakultas Hukum (FH) USU pada Sabtu (06/04) melaksanakan ibadah perayaan Paskah di Gereja HKBP Pasar Melintang

Perayaan ini mengusung tema: “Pengorbanan-Nya Mengubah Hidupku” yang diambil dari Galatia 2:20 dan dengan subtema: “Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. Tema ini diusung karena berlandaskan kasih Tuhan yang begitu luar biasa dan rela mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Harapan dari tema yang diusung adalah melalui Perayaan Paskah kita dapat mencerminkan konsep bahwa melalui tindakan pengorbanan Yesus Kristus, kita dapat mencapai perubahan yang benar-benar berarti dalam hidup.

Ibadah perayaan Paskah merupakan ibadah yang dilakukan oleh GMKI FH USU setiap tahunnya, namun tahun ini berbeda karena berhasil mengundang Guru Besar Dosen FH, yaitu: Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, S.H., M.Li dan Ibu Maria Zendrato, S.H., M.Hum.

Dalam ibadah perayaan Paskah tersebut juga mengundang Senior, Badan Pengurus Cabang Medan, komisariat GMKI sejajaran, dan perwakilan organisasi FH USU. Salah satu dosen FH USU, yaitu Ibu Mariati Zendrato, S.H, M.Hum menyampaikan kata sambutan, yaitu mengajak seluruh anggota GMKI FH USU dan yang hadir untuk dapat menjadi alat saluran berkat, orang-orang yang membawa nama Kristus di tengah kehidupan menjadi terang yang selamanya dalam kehidupan serta sebagai pembawa damai bukan pembawa keributan di tengah masyarakat yang majemuk ini.

Debora Margaretta selaku ketua panitia pelaksana mengatakan “Digelarnya ibadah perayaan Paskah ini merupakan kerja keras dan dedikasi dari semua panitia yang berproses selama kurang lebih tiga bulan untuk di tengah kesibukan kuliah, organisasi, klinis, dan masa UTS. Panitia rutin melakukan latihan satu kali seminggu atau bahkan dua kali seminggu dan kemudian melaporkan setiap perkembangan pada rapat rutin di setiap hari Senin.”

“Suksesnya acara ini tidak lupa juga dengan melibatkan seluruh pelancar acara dan dukungan dari Ketua Paskah yang sudah demisioner serta melibatkan Pengurus Komisariat GMKI FH USU masa bakti 2023/2024. Berkat bantuan dan dukungan tersebutlah sehingga kami bisa melakukan acara ini dengan baik.” ujar Debora Margaretta.

Pelaksanaan ibadah perayaan Paskah GMKI FH USU 2024 digelar dengan penuh makna dan berkesan ditunjukkan dengan rangkaian dan perangkat ibadah yang berperan serta menampilkan Drama Jalan Salib kemudian dilanjutkan Puisi dan Pujian oleh anggota GMKI FH USU. Penampilan Drama Jalan Salib mendapatkan banyak pujian dari penonton yang menikmati dikarenakan pemeran yang berperan sangat mendalami setiap adegan yang ditunjukkan. Begitu pula dengan pembacaan puisi dan pujian yang penuh makna dan kesan. Pada pasca ibadah, juga terdapat kegiatan seperti kuis, persembahan pujian dari Pengurus Komisariat GMKI FH USU 2024, closing video perjalanan panitia, dan pembagian konsumsi.

Pada ibadah ini, Pengkhotbah yang membawakan khotbah, yaitu Pdt. Bernandus Siahaan, M.Th. Dalam khotbah, menyampaikan bahwa “Kebangkitan-Nya adalah wujud peradaban cinta. Kebenaran cinta yang dilakukan Yesus bukan karena apa yang dikatakan dunia. Kebenaran yang dibawa Kristus adalah kebenaran cinta permanen yang telah dinubuatkan.”

“Adapun kendala yang dialami panitia dalam melaksanakan perayaan ibadah Paskah ini adalah penyesuaian waktu latihan dengan setiap yang berperan dan juga pada saat khotbah beberapa hadirin ada yang keluar masuk gereja sehingga menggangu Pendeta ketika khotbah.” ungkap Debora Margaretta Aruan. Namun, beberapa kendala adalah hal biasa dan sebagai sumber evaluasi serta perbaikan ke depannya.

“Semoga melalui Perayaan Paskah GMKI FH USU Tahun 2024 ini, hadirin yang datang semakin diberkati dan semakin dibaharui serta menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan melalui Perayaan Paskah GMKI FH USU dapat menjadi inspirasi buat hadirin yang datang dan memberikan makna yang berkesan pada tahun ini.” ucap Ketua Panitia.

Redaktur : Evita Sipahutar

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Rekrutmen Terbuka IMPM USU, Ini Harapan untuk Calon Anggota

redaksi

UKM Basket USU Adakan Rekrutmen Terbuka Untuk Mahasiswa Baru

redaksi

Sambut PIMNAS 34, USU Adakan Malam Ramah Tamah di Istana Maimun

redaksi