Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Harga Minyak Dunia Terjun Bebas, Harga BBM di Tanah Air Belum Juga Turun!

Penulis: Kurniadi Syahputra

SUARA USU, MEDAN. Harga minyak dunia sudah anjlok jauh-jauh hari. Bersamaan dengan maraknya pandemi corona, tepatnya pada awal Bulan Maret 2020, harga minyak dunia tembus hingga ke angka minus.

Tetapi hingga hari ini, penurunan harga minyak dunia yang drastis justru belum diiringi dengan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) di tanah air.

Dikutip dari Cnbcindonesia.com, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan pertimbangan pertama adalah harga BBM saat ini ditentukan oleh formula yang dirumuskan oleh Kementerian ESDM. Pertamina, sebagai BUMN akan mengikuti ketetapan pemerintah.

Ia kemudian menjelaskan dari sisi harga, untuk kawasan regional ASEAN, BBM di Indonesia masih cukup murah. Hanya kalah dengan Malaysia, tapi perlu dicatat Malaysia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang produksinya aman dan tergabung OPEC.


“Dalam rangka menanggulangi dampak pandemi Covid-19,” jelasnya.

Tentu saja pernyataan Dirut PT. Pertamina (Persero) ini membuat para pengamat politik dan masyarakat mengeluh dan kecewa. Pasalnya, dengan kondisi masyarakat yang semakin susah dalam sektor ekonomi akibat pandemi corona ini, tentu menjadi beban tambahan ketika harus membeli harga BBM yang mahal. Apalagi dengan fakta bahwa harga BBM mungkin saja diturunkan segera mungkin.

Dedi Sanjaya, Masyarakat asal Batubara yang berprofesi sebagai pedagang keliling bercerita mengenai keluhannya selama pandemi ini. Ia berharap agar harga BBM dapat diturunkan untuk memangkas pengeluarannya ketika berkeliling untuk berdagang.

“Daya beli masyarakat sekarang makin rendah, karena pemasukan berkurang. Tentu karena corona ini juga. Semoga kedepan pemerintah mau memperhatikan masyarakat, apalagi untuk penurunan harga BBM ini. Biar lebih hemat pengeluaran uang minyak kami untuk kerja sehari-hari,” ujarnya.

Hal senada juga banyak dikeluhkan masyarakat dan pengamat politik, tidak terkecuali mahasiswa. Dalam pantauan penulis, hampir semuanya berharap agar penurunan harga BBM di tanah air dapat segera terealisasikan. Tentu saja saja sebagai upaya pengurangan beban ke masyarakat.

Related posts

Penuh Inspirasi, Kuliah Umum Peternakan Bagi Calon Pengusaha

suarausu

USU Lockdown, Jangan Risaukan Denda Pinjaman Buku Perpustakaan!!

redaksi

Beasiswa Pemudi: Mantapkan Aksi, Siapkan Kontribusi, dan Persiapkan Pemimpin Negeri

redaksi