SUARA USU
Film

Justice League Snyder’s Cut, masterpiece karya Zack Snyder

Oleh: Gracyan Eukario

Suara USU, Medan. Justice League, Film Superhero dari DC yang beranggotakan Superman, Batman, Flash, Wonder Woman, Aquaman, dan Cyborg sudah merilis film versi garapan sutradara Zack Snyder pada tahun 2021, yang berbeda dengan Justice League tahun 2017 yang pernah dirilis versi sutradara Josh Whedon (Avengers Age of Ultron). Justice League tahun 2021 ini memiliki perbedaaan durasi yang sangat jauh dari versi 2017. Film Justice League Snyder’s cut sendiri berdurasi 4 jam. Walaupun dalam durasi yang lama, film ini menyajikan masterpiece dari sang sutradara, Zack Snyder.

Kalian pasti bertanya, Kok bisa sih ada dua film justice league? Awalnya, Justice League disutradai oleh Zack Snyder. Namun, ditengah penggarapan film, sang sutradara mengalami kedukaan dan meminta waktu untuk menunda perfilman. Namun pihak studio tak dapat menunggu dan tak sabar menunggu kedukaan dari Zack Snyder. Josh Whedon pun ditarik menjadi sutradara pengganti. Setelah versi theatrical (2017) rilis, banyak fans yang kecewa karena banyak detail-detail dari garapan Zack Snyder sebelumnya yang tidak dimasukkan. Akhirnya gerakan tagar #releasethesnydercut mulai digemakan pada tahun 2018 awal. Hingga pada 2020 disetujui dan Justice League Snyder’s Cut diumumkan akan rilis pada 2021, dengan penggunaan tone warna yang lebih gelap dalam filmnya.

Justice League Snyder’s Cut dimulai dengan lanjutan dari Batman V Superman, yaitu kematian Superman. Teriakan Superman saat kematiannya mengaktifkan alat untuk menghancurkan kehidupan di bumi, “The Mother Box”. Kehidupan di bumi mulai terancam setelah Stephen Wolf, mencuri Mother Box dari wilayah Amazon (Tempat kelahiran wonderwoman). Panah Api Abadi pun ditembakkan oleh suku amazon sebagai tanda bahwa motherbox mulai dikumpulkan. Wonder Woman yang mengerti arti dari api abadi ini langsung mencari tau pesan yang disampaikan suku amazon padanya. Disana dia menemukan fakta dari penyatuan Motherbox ini. The Mother Box bila mencapai Unity (Kesatuan) dapat menghancurkan kehidupan manusia. Wonderwoman pun mencari batman  untuk memberitahu bahaya akan datang.

Batman memiliki inisiatif untuk membentuk tim superhero setelah kematian Superman agar dapat melindungi bumi. Tim Superhero ini dinamai dengan Justice League. Batman mulai berteman dengan wonder woman, dan kemudian mencari aquaman. Namun aquaman menolak permintaan batman untuk masuk kedalam dalam superhero ini. Selanjutnya, batman dan wonderwoman mencari flash dan cyborg untuk masuk ke dalam tim superhero ini. Misi pertama yang dilakukan oleh justice league adalah menyelamatkan tawanan dari Stephen Wolf, beranggotakan Batman, Cyborg, Wonder Woman, dan Flash. Tawanan pun berhasil diselamatkan. Salah satu tahanan adalah ayah dari Cyborg.

Film ini banyak menyorot back story dari Cyborg. Scene yang sangat menarik adalah kebaikan untuk membantu seorang ibu yang kesusahan menggunakan kemampuannya yang dapat memanipulasi segala hal digital. Cyborg sendiri diceritakan merupakan anak yang berprestasi. Namun naasnya, dia dan ibunya mengalami kecelakaan sehingga ibunya meninggal dan dia susah pulih. Ayahnya sebagai professor yang meneliti motherbox kemudian mulai untuk menyembuhkan anaknya dengan kekuatan dari mother box. Cerita inilah yang kemudian menjadi inspirasi untuk Justice League melakukan upaya untuk membawa Superman hidup kembali, untuk melawan Stephen Wolf. Aquaman pun bergabung setelah Stephen Wolf mencuri 2 mother box dari Amazon dan Atlantis tempat Aquaman berasal. Kehidupan di bumi pun aman setelah superman berhasil dihidupkan dan bergabung dengan justice league setelah melalui pertikaian yang cukup besar. Stephen wolf pun kalah dan diakhir dimunculkan Darkseid, sebagai cameo Villain yang sering disebut Thanosnya DC.

Ending dari Justice League Snyder’s Cut sendiri sengaja dibuat menggantung, karena akan ada Justice League 2. Di sini dimunculkan beberapa scene nightmare dari Batman, dan yang paling menarik adalah Batman dan Joker disini dibuat satu tim untuk melawan pasukan yang telah menginvasi bumi. Banyak detail yang tak bisa di ceritakan. Kamu harus menyaksikan film ini untuk merasakan masterpiece dari film Garapan Zack Snyder ini. Untuk menontonnya, kamu dapat menggunakan platform HBO GO, dengan biaya Rp.60.000/bulan. Hal ini dikarenakan film ini hanya dirilis digital di HBO MAX dan HBO GO.

Tunggu apalagi? Segera Tonton Masterpiece dari Zack Snyder ini!

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Film Sobat Ambyar, Patah Hati Ya Dijogeti

redaksi

Greta, Pertemanan yang Manis Diakhiri dengan Teror yang Tragis

redaksi

Bertema Isu Sosial, ‘Drakor’ Beautiful World Cocok Untuk Tontonan Keluarga

redaksi