SUARA USU
Kabar Kampus

Kepala Humas USU Bagikan Pengalaman Menangkan Anugerah Insan Humas Terpopuler PTN BH

Penulis: Restiani Lumban Gaol

Suara USU, Medan. Kepala HUMAS, Promosi dan Protokoler Universitas Sumatera Utara (USU) Amalia Meutia membagikan pengalamannya memenangkan penghargaan sebagai Insan Humas Terpopuler Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) dalam acara Anugrah  Humas Diktiristek 2021.

Selain dua kategori yaitu Anugerah Humas serta Anugerah Jurnalis dan Media yang rutin diberikan sejak 2017, tahun ini Kemendikbudristek memberikan penghargaan melalui Anugerah Kampus Merdeka dan Anugerah Kerja Sama.

Meskipun persaingannya ketat, Amalia berhasil mengalahkan berbagai universitas di Indonesia seperti UI, UGM, UNPAD dan lainnya.

“Untuk mendapatkan prestasi ini, dinilai dari bagaimana si insan humasnya mensosialisasikan dan mempromosikan program terbaru dari Diktiristek yaitu MBKM. Kita mempromosikan dan mensosialisasikan dengan cara yang menarik, dan itu dalam bentuk video yang disampaikan kepada masyarakat luas. Jadi ini dilihat dari viewers dan berapa banyak yang nge-like,” tuturnya.

Video yang diunggah Amalia Meutia di instagram pribadinya sudah mencapai 19.365 viewers dengan likes sekitar 3800-an. Amalia menjelaskan bagaimana dia meracik video bertemakan MBKM dengan sedemikian rupa. Dimulai dengan pemilihan lagu yang terdiri dari 3 lagu daerah (2 lagu Batak dan 1 lagu Melayu).

Lalu meminta bantuan studio USU untuk mengarangsemen. Semua itu dilakukan agar pesan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, dan menimbulkan  ‘awareness’ dengan program MBKM yang awalnya tidak dipahami oleh masyarakat.

Ditanya soal motivasi bekerja dan memenangkan kategori Insan Humas Terpopuler, Amalia menyebutkan, bahwa dia hanya ingin membantu membuat USU lebih baik dan lebih maju. Terlebih karena baru setahun menjabat sebagai ketua HUMAS USU, Amalia mengaku masih terus belajar untuk mengembangkan Humas USU.

“Jika kita mainnya standar standar aja, otomatis kita akan tergilas. Dari beberapa kategori nyang diperlombakan, USU masih dapat 1, masih banyak nih kategori lain. Maka dari itu, kita harus lebih bekerja keras agar tahun berikutnya, USU mendapatkan penghargaan lain, tidak hanya Insan Humas Terpopuler saja,” terang Amalia Meutia.

Selanjutnya Amalia mengungkapkan harapannya kepada Tim Humas USU yang telah menemaninya bekerja selama ini.

“Saya berharap semua teman teman Humas USU sehat sehat aja, tetap tangguh dan belajar terus, seperti tagline Humas USU ‘Tangguh dan Dinamis’.Terus meng-upgrade diri agar bisa mengikuti perkembangan zaman, dan tentu saja bisa memenuhi harapan harapan  dan gaya mahasiswa.  Dan tentu saja, Humas USU men-support atau nge-branding USU untuk terus melesat ke level internasional,“ ungkapnya.

Redaktur: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bersukacita dalam Natal: Mahasiswa S1 Perpustakaan dan Sains Informasi Menyambut Kelahiran Yesus Kristus

redaksi

Seminggu Menuju Masa Bakti PEMA USU Berakhir

redaksi

Ini Tanggapan Dosen Sastra Arab USU Terkait Metode Pembelajaran Case Method dan Team Based Learning

redaksi