SUARA USU
Film

Ketakutan Mengaburkan Jati Diri, Menemukan Pesan Tersirat Film Moana

Penulis: Grace Tondang

Suara USU, Medan. Moana adalah sebuah film petualangan fantasi musikal dengan animasi komputer 3D Amerika. Ditayangkan pada tahun 2016 dan diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios. Film ini bercerita tentang Moana, putri berkemauan keras dari seorang kepala desa Polinesia, yang dipilih oleh lautan itu sendiri untuk menyatukan kembali peninggalan mistis dewi Te Fiti. Ketika kutukan menyerang pulau itu, Moana berlayar mencari Maui, seorang dewa legendaris, dengan harapan mengembalikan peninggalan tersebut ke dewi Te Fiti dan menyelamatkan rakyatnya.

Film besutan sutradara Ron Clement dan Jhon Musker mengangkat kisah nyata Masyarakat Polinesia. Moana merupakan tokoh utama yang digambarkan sebagai gadis remaja yang rela berpetualang meninggalkan kehidupan di pulaunya untuk berlayar mengarungi Samudra Pasifik demi menyelesaikan misi dari leluhurnya.

Moana adalah putri seorang kepala suku, namun Ia bermimpi untuk menjelajahi dunia di luar terumbu karang yang mengelilingi pulau tempat tinggalnya. Ketika tanaman dan ikan yang menjadi sumber kehidupan pulau mulai berkurang, Moana memulai perjalanan untuk menemukan dewa setengah manusia, Maui (diisi suara oleh Dwayne Johnson), dan mengembalikan hati Te Fiti, seorang dewi yang mengendalikan daratan dan lautan. Dalam perjalanannya, Moana dan Maui menghadapi banyak tantangan, termasuk Kakamora, kelompok bajak laut pengguna kelapa, dan kemarahan Te Ka, monster berapi yang menjaga pulau tempat hati Te Fiti berada. Namun, dengan keberanian, tekad, dan bantuan Maui, Moana berhasil mengatasi semua rintangan dan belajar pelajaran penting tentang identitas, keluarga, dan kekuatan alam.

Soundtrack film ini, yang disusun oleh Lin-Manuel Miranda, Opetaia Foa’i, dan Mark Mancina, memuat lagu-lagu seperti “How Far I’ll Go” dan “You’re Welcome” yang telah menjadi hits populer. Film ini juga mendapat pujian kritis atas penggambarannya tentang budaya Polinesia dan penekanannya pada karakter perempuan yang kuat. Moana adalah kisah yang menghangatkan hati dan menginspirasi tentang mengikuti mimpi, menemukan jati diri, dan pentingnya menjaga alam. Animasinya yang indah, ceritanya yang menarik, dan musiknya yang tak terlupakan telah membuatnya menjadi film yang dicintai oleh penonton dari segala usia.

Pesan moral dalam film Moana yaitu terdapat dalam setiap adegan dan dialog pada filmnya. Dalam film ini melalui karakter Moana, berani berkorban untuk orang lain dengan perbuatan yang dilakukan. Film ini menyampaikan pesan bahwa ketakutan akan menguburkan jati diri sebenarnya dan luka hati tidak menggambarkan siapa diri kita. Pada akhirnya semua rakyat berani berlayar karena itu adalah jati diri mereka sebenarnya. Dan jangan pernah menyerah karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Redaktur: Fransiska Zebua

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

“The Boy and The Heron” (Kimitachi wa Dō Ikiru ka): Belajar Menerima dan Menemukan Makna Hidup di Tengah Kehilangan

redaksi

Insidious: The Red Door, Ingatan yang Hilang Membawa Petaka

redaksi

Jadikan Kematian Sebagai Sebuah Candaan, Ini Dia Alur Kisah Film Pendek Wan An

redaksi