SUARA USU
Uncategorized

Optimalisasi Inventaris Buku di SD IT Nur Hidayah: SLiMS Sebagai Alat Penting Dalam Manajemen Perpustakaan

Oleh: Dianita Rahmawati

Suara USU, Medan. Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar penting dalam proses pembelajaran. Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, menyatakan bahwa “Perpustakaan merupakan institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para siswa sebagai penggunaan perpustakaan.” Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral lembaga pendidikan yang menyajikan berbagai koleksi bahan pustaka yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar mengajar disekolah.

Perpustakaan di SD IT Nur Hidayah Surakarta, tidak hanya berfungsi sebagai pusat penyimpanan buku-buku, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran yang mendukung pengembangan minat baca siswa. Sarana dan prasarana yang memadai serta koleksi buku yang beraneka ragam dapat menjadikan perpustakaan ini sebagai tempat penting bagi siswa untuk memperluas pengetahuan dan mengeksplorasi minat baca mereka. Namun, seperti halnya banyak perpustakaan di Indonesia, pengelolaan inventaris buku yang efisien dan teratur tetap menjadi tantangan yang harus diatasi oleh pustakawan. Artikel opini ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya penerapan Senayan Library Management System (SLiMS) sebagai solusi untuk mengoptimalkan manajemen perpustakaan di SD IT Nur Hidayah.

Perpustakaan SD IT Nur Hidayah memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa. Dengan luas ruangan yang berukuran 10 x 8 meter, perpustakaan di SD IT Nur Hidayah Surakarta ini dilengkapi dengan AC, kipas angin, televisi, dan akses Wi-Fi, dengan fasilitas seperti ini dapat menciptakan lingkungan perpustakaan yang nyaman dan kondusif bagi siswa untuk belajar dan membaca. Perpustakaan SD IT Nur Hidayah ini terdapat 11 rak buku yang teratur menyimpan lebih dari 10.200 judul buku, termasuk fiksi, non-fiksi. Koleksi ini tidak hanya mencakup materi pelajaran tetapi juga bahan bacaan tambahan yang mendukung pengembangan minat siswa dalam berbagai bidang. Namun, meskipun sarana dan prasarana yang ada sudah cukup baik, dahulu kala pengelolaan inventaris buku masih menggunakan metode manual yang rentan terhadap kesalahan dan kesulitan dalam memantau kondisi buku secara keseluruhan.

Prosedur saat mengunjungi serta peminjaman buku di perpustakaan SD IT Nur Hidayah ini telah diatur dengan baik untuk menjaga ketertiban dan keamanan koleksi buku. Di SD IT Nur Hidayah ini terdapat tata tertib yang perlu dipatuhi oleh peserta didik seperti larangan membawa makanan dan minuman, serta aturan penggunaan buku yang jelas, merupakan upaya untuk menjaga kualitas dan ketersediaan koleksi buku. Namun, pengelolaan buku secara manual sering kali menimbulkan tantangan dalam hal pencatatan data peminjaman yang akurat serta pemeliharaan inventaris buku yang efisien. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, implementasi SLiMS di SD IT Nur Hidayah diharapkan dapat memberikan solusi yang lebih baik dalam mengelola inventaris buku secara terintegrasi dan efisien.

Senayan Library Management System (SLiMS) merupakan aplikasi open source yang telah banyak digunakan di berbagai perpustakaan di Indonesia. Keunggulan utama SLiMS terletak pada kemampuan untuk memudahkan proses manajemen perpustakaan, mulai dari pencatatan inventaris buku, manajemen peminjaman buku dan pengembalian buku, hingga analisis penggunaan koleksi buku secara lebih mendalam. Di SD IT Nur Hidayah, implementasi SLiMS diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dalam cara perpustakaan mengelola dan menyajikan informasi kepada pengunjungnya. Dengan SLiMS, petugas perpustakaan dapat dengan mudah melacak keberadaan buku, mengatur proses peminjaman dengan lebih efisien, serta menyediakan layanan informasi yang lebih cepat dan akurat kepada pengguna.

Penerapan SLiMS di SD IT Nur Hidayah tidak hanya akan meningkatkan efisiensi operasional perpustakaan, tetapi juga akan memberikan manfaat yang signifikan dalam berbagai aspek. Salah satu manfaatnya yaitu dapat meningkatan akurasi dalam pencatatan inventaris buku. Dengan adanya aplikasi SLiMS, setiap buku akan memiliki nomor identifikasi unik yang memudahkan dalam pencarian buku dan pemantauan kondisi buku. Maka dengan itu penerapan penggunaan SLiMS ini dapat membantu mengurangi risiko kehilangan buku serta memastikan bahwa setiap buku dapat dikelola dengan baik dan tetap tersedia untuk penggunaan yang berkelanjutan.

Selain itu, Aplikasi SLiMS juga dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi waktu dalam proses peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan. Sistem otomatisasi SLiMS memungkinkan petugas perpustakaan untuk mengelola antrian peminjaman dengan lebih efektif, mengurangi waktu tunggu pengunjung, dan meningkatkan kepuasan pengguna. Dengan adanya integrasi dengan basis data koleksi buku yang lengkap, SLiMS juga memungkinkan petugas perpustakaan untuk memberikan rekomendasi buku berdasarkan minat baca pengguna, serta menyesuaikan layanan informasi berdasarkan kebutuhan individu.

Meskipun memiliki beberapa manfaat, implementasi di perpustakaan SD IT Nur Hidayah ini dengan adanya aplikasi SLiMS juga terdapat beberapa tantangan yang perlu dihadapi dengan baik. Salah satu tantangan utama yaitu kesiapan pustakawan untuk mengoperasikan sistem ini dengan baik. Maka dari itu diperlukan pelatihan yang intensif bagi petugas perpustakaan atau pustakawaan untuk memahami seluruh fitur dan fungsionalitas aplikasi SLiMS, serta untuk dapat mengintegrasikan sistem ini dalam rutinitas kerja sehari-hari. Selain itu, dukungan teknis yang handal juga menjadi kunci keberhasilan implementasi SLiMS. SD IT Nur Hidayah perlu memastikan bahwa infrastruktur IT mereka memadai untuk mendukung operasional SLiMS, termasuk jaringan internet yang stabil, perangkat keras yang memadai, dan perangkat lunak pendukung yang diperlukan.

Selanjutnya, peran aktif dan dukungan dari seluruh stakeholder di sekolah sangat penting dalam mengatasi tantangan ini. Kepemimpinan yang kuat dari kepala sekolah, kerja sama dari guru-guru, serta partisipasi aktif dari siswa dan orang tua akan membantu dalam memfasilitasi sistem manajemen perpustakaan yang efisien. Dengan pendekatan yang terintegrasi dan komitmen dari semua pihak terkait, SD IT Nur Hidayah dapat memaksimalkan potensi aplikasi SLiMS dalam meningkatkan efisiensi operasional perpustakaan dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah.

Penerapan SLiMS sebagai alat penting dalam manajemen perpustakaan di SD IT Nur Hidayah Surakarta merupakan langkah strategis yang diharapkan dapat memberikan manfaat besar dalam jangka panjang. SLiMS tidak hanya akan membantu dalam mengelola inventaris buku secara lebih efisien dan akurat, tetapi juga akan meningkatkan layanan kepada pengunjung perpustakaan. Dengan adanya aplikasi SLiMS, diharapkan perpustakaan dapat menjadi pusat pembelajaran yang lebih dinamis dan responsif, memenuhi kebutuhan literasi siswa serta mendukung pengembangan minat baca yang berkelanjutan. Dalam era digitalisasi ini dapat menjadikan perpustakaan yang adaptif dan efektif dalam pengelolaan informasi akan menjadi aset berharga dalam mendukung pendidikan dan pembelajaran di sekolah yang lebih efektif dan efisien.

Redaktur: Khalda Mahirah Panggabean 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Revolusi Human Capital melalui Neurosains, Teknologi, dan Strategi Pengembangan SDM Unggul

redaksi

Dampak Human Capital Strategic Terhadap Kinerja Karyawan: Pendekatan Literature Review

redaksi

Pengaruh Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Perilaku Bullying Di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah

redaksi