Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Pema FMIPA USU Harapkan Keringanan UKT Semester Depan

Penulis : Supri Alvin

Suara USU, Medan. Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara (Pema FMIPA USU) melakukan jajak pendapat mahasiswa terkait kebijakan uang kuliah tunggal (UKT) tahun ajaran 2020/2021.

“Kita lihat dan amati beberapa informasi yang masuk adanya keresahan mengenai perihal UKT yang tetap. Bahkan, sebelumnya ada informasi bahwa UKT akan dinaikkan, “ ujar pelaksana tugas (Plt) gubernur mahasiswa Pema FMIPA, Reza Maulana Putra.

Menurutnya, perlu diadakan jajak pendapat agar keresahan mahasiswa FMIPA bisa didiskusikan ke pihak yang terkait. Reza juga menjelaskan bahwa langkah yang diambil Pema FMIPA sama seperti yang dilakukan oleh Pema lain yang ada di Indonesia khususnya daerah pulau jawa.
Lebih lanjut, jajak pendapat ini sudah di sebar sejak 12 juli 2020, dan masih akan terus disebar sampai data yang diperlukan cukup untuk didiskusikan oleh pihak dekanat maupun rektorat.

Hasil sementara (minggu, 14/6 malam) dari jajak pendapat, bahwa banyak mahasiswa yang meminta UKT dapat diringankan. Mereka beralasan bahwa tidak memakai fasilitas kampus.

“Bahkan ada beberapa mahasiswa yang menuntut agar UKT 0 rupiah dengan alasan serupa,” jelasnya.

Selain UKT, mahasiswa juga menyoroti biaya bantuan daring dari rektorat yang sampai saat ini belum juga dicairkan. “Bukan masalah dengan jumlahnya hanya ingin tau bahwasanya pemimpin kampus usu tercinta apakah mau mencicipi air liurnya kembali,” ucap Reza.

Reza juga mengatakan bahwa hasil jajak pendapat ini akan didiskusikan ke teman-teman Pema Se-kawasan. Dan ia berharap menjadi penggerak untuk Pema Fakultas lain agar ikut mengumpulkan aspirasi mahasiwa dari fakultas yang lain.

Salah satu responden, mahasiswi Fisika FMIPA, Lisa Sahara berharap peringanan UKT untuk semester berikutnya. “Terlebih orang tua saya wiraswasta yang terpaksa menutup toko jualannya selama masa pandemi. Setelah New Normal pun, pembeli masih sedikit jadi sangat berubah pendapatan selama pandemi ini” ucapnya.

Jajak pendapat mahasiswa FMIPA USU dapat diakses di http://bit.ly/KeadilanUKT-FMIPA.

Redaktur Tulisan : Orsella Nuraina

Related posts

Kemeriahan Malam Puncak Duta Mahasiswa 2019 USU

suarausu

UKM Klinik Tanaman USU Adakan Seminar Nasional Bahas Hama dan Penyakit Tumbuhan

suarausu

Seleksi Nasional 2019 Beasiswa Etos ID

suarausu