SUARA USU
Uncategorized

Pentingnya Mengembangkan Literasi di Usia Dini

Penulis: Putri Handayani Telaumbanua

Suara USU, Medan. Literasi pada anak usia dini sangat penting untuk membantu mengembangkan kemampuan bahasa mereka. Artikel ini akan membahas pentingnya literasi di usia dini, khususnya dalam konteks panti asuhan Yayasan Kemuliaan Hati Ibu. Dalam artikel ini, saya akan membahas bagaimana kegiatan literasi di panti dapat memudahkan anak-anak dalam belajar bahasa dan membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Pendidikan bahasa pada anak usia dini adalah dasar yang sangat penting dalam pengembangan kehidupan mereka. Khususnya bagi anak-anak yang tinggal di panti asuhan, literasi menjadi kegiatan yang harus dilakukan secara teratur untuk menunjang perkembangan kemampuan bahasa mereka. Dalam artikel ini, saya akan membahas pentingnya literasi di usia dini dalam konteks panti asuhan Yayasan Kemuliaan Hati Ibu.

Pentingnya Literasi Usia Dini dalam Kemampuan Bahasa Anak

Literasi usia dini membantu anak-anak dalam memahami dan mengenal bahasa secara lebih baik. Dengan membiasakan anak membaca dan terbiasa mendengarkan cerita, anak-anak akan lebih aktif dalam mengekspresikan dirinya dengan baik dan benar. Selain itu, kegiatan literasi juga meningkatkan keterampilan bahasa dan pemahaman kosakata. Hal inilah yang membuat anak-anak terbiasa mengajukan pertanyaan terkait cerita yang diceritakan di depan mereka.

Mendukung Kemampuan Anak dalam Berpikir Kritis

Selain membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuan bahasa, kegiatan literasi juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Anak-anak yang sering membaca dan mendengarkan cerita dapat memahami suatu situasi dengan lebih baik dan membuat mereka dapat mengambil keputusan dengan lebih bijaksana. Dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak akan lebih mudah memahami instruksi dan mampu memecahkan masalah dengan lebih baik.

Peran Panti Asuhan Yayasan Kemuliaan Hati Ibu dalam Mendorong Literasi Usia Dini

Panti Asuhan Yayasan Kemuliaan Hati Ibu menyadari pentingnya literasi bagi anak-anak dan telah mendukung kegiatan literasi sejak awal didirikannya. Para anak didik dalam panti dilibatkan dalam kegiatan membaca dan mendengarkan cerita secara berkala. Selain itu, para pengasuh juga membantu anak-anak dalam pengucapan kosakata yang telah mereka pelajari dari cerita. Hal ini membantu anak-anak dalam membiasakan diri dalam penggunaan bahasa yang benar dan memahami kosakata yang digunakan.

Kegiatan literasi pada anak usia dini menjadi faktor yang sangat penting dalam pengembangan kemampuan bahasa mereka. Dalam konteks panti asuhan, kegiatan literasi menjadi kegiatan penting yang perlu dilakukan secara rutin untuk membantu anak-anak dalam memahami dan mengenal bahasa dengan lebih baik. Dalam kegiatan literasi, anak-anak juga dibantu dalam membangun kemampuan berpikir kritis mereka, sehingga akan membantu mereka dalam mengambil keputusan dengan lebih bijaksana. Melalui dukungan penuh dari Panti Asuhan Yayasan Kemuliaan Hati Ibu, diharapkan anak-anak dapat memperoleh manfaat dari kegiatan literasi dalam kemampuan bahasa mereka.

Artikel ini adalah publikasi tugas mata kuliah Praktik Kerja Lapangan II dengan Dosen Pengampu: Fajar Utama Ritonga S.Sos., M.Kesos.

Redaktur: Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Intervensi Pekerja Sosial dalam Membantu Peserta BPJS Mengakses Layanan Kesehatan yang Optimal

redaksi

Digitalisasi Perpustakaan dalam Membangun Koneksi dengan Generasi Milenial

redaksi

Membangun Kepercayaan Diri Seorang WBP Untuk Mempersiapkan Reintegrasi Ke Masyarakat

redaksi