SUARA USU
Uncategorized

Pentingnya Strategi Harga untuk Meningkatkan Keuntungan pada Usaha Winny Wash Laundry

Penulis: Nova Sinambela / Ummaina Rahma / Mazra Aulia Saragih / Nurmailiza / Wildan Wafi Nasution / M. Rasyid Ridho Panggabean / Muhammad Ayman Ashari / Rizky Syahputra  

Suara USU, Medan. Mendengar kata laundry tentu bukanlah sesuatu yang asing bagi kita saat ini. Laundry merupakan salah satu jenis usaha kecil menegah dalam industri rumahan bidang jasa yang sangat populer dan memiliki peluang meraih keuntungan yang maksimal oleh sebab itu banyak para pengusaha yang memanfaatkan peluang untuk menambah aset yang mereka miliki. Namun dalam pengembangan bisnis laundry tentunya memiliki strategi untuk mengembangkan usaha ini agar keuntungan atau laba yang diraih dari usaha ini menjadi maksimal. Oleh karena itu kami tertarik untuk lebih mengetahui jenis usaha ini dan melakukan mini riset terhadap salah satu laundry yang berada di sekitar Universitas Sumatera Utara (USU)

Dalam mini riset yang kami lakukan, kami memilih Winny Wash Laundry sebagai objek penelitian. Winny Wash Laundry merupakan suatu usaha yang tentunya bergerak dalam penyediaan jasa membersihkan pakaian. Laundry ini berlokasi pada Jl. Dr. Mansyur No. 21, Kota Medan, Sumatera Utara merupakan usaha yang dimiliki Ibu Judiana Pangaribuan dan sudah ada sejak tahun 2010. Melihat masyarakat pada saat itu sudah terbiasa memanfaatkan jasa cuci pakaian pada kehidupan sehari hari menimbulkan ketertarikan Ibu Judiana Pangaribuan sebagai pemilik untuk membuka usaha laundry yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan adanya layanan laundry akan mempermudah masyarakat dalam membersihkan pakaian. Pada awalya Ibu Judiana Pangaribuan membuka laundry yang berlokasi di johor dan meilihat potensi laundry yang ada membuat ibu ini tertarik untuk membuka laundry yang berlokasi pada Jl. Dr. Mansyur yang dimana target pasar laundry ini adalah masyarakat sekitar Dr.Mansyur khususnya Mahasiswa USU. Dengan menggunakan setrika uap tentunya laundry ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan laundry sekitar yang masih menggunakan setrika bisa karena hasil dari setrika uap tentunya lebih baik. Dengan kerapian yang baik dan pelayanan yang baik membuat usaha ini terus berkembang dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya, hal ini dapat dilihat dari tingkat pendapatan yang maksimal yang diterima oleh usaha ini dengan memanfaatkan 2 tenaga kerja namun usaha ini bisa menerima pakaian dalam waktu sehari yaitu 100 Kg terutama pada hari senin dan juga pada hari sabtu jumlah pakaian yang masuk lebih banyak dibandingkan dengan hari lainnya.

Dalam mini riset yang kami lakukan kami menemukan bahwa strategi terpenting dalam menjalankan bisnis laundry ini adalah dengan menggunakan strategi harga yang tepat dan sesuai dengan kondisi pasar yang ada untuk memaksimalkan keuntungan usaha sehingga akan mempermudah untuk mengembangkan usaha. Menentukan harga laundry tidak bisa dilakukan sembarangan karena akan berkaitan dengan penjualan dimasa depan. Tidak bisa memberikan harga yang terlalu tinggi karena akan membuat pelanggan tidak tertarik dan jangan membuat harga yang terlalu rendah karena nanti akan kesulitan dalam mendapatkan keuntungan. Oleh sebab itu perlu adanya metode yang dipakai untuk menentukan harga terbaik untuk layanan yang diberikan.

Adapun metode yang dilakukan Winny Wash laundry adalah penetapan harga berbasis pasar. Metode ini lebih mempertimbangkan faktor eksternal seperti kompetitor, serta target pasar untuk menentukan harga. Melihat dari segmentasi pasar utama usaha Winny Wash Laundry yang dibidik adalah mahasiswa USU usaha ini memberikan berbagai penawaran harga sehingga konsumen dapat menyesuaikan harga yang ditawarkan dengan uang yang dimiliki. Adapun tawaran harga yang diberikan Winny Wash Laundry adalah tergantung banyak tidak nya pakaian dan waktu penyelesaian pakian

Selain itu strategi harga yang digunakan oleh usaha ini adalah Competition Based Pricing. Competition Based Pricing merupakan startegi penetapan harga berbasis pesaing. Dalam strategi ini harga yang ditetapkan oleh kompetitor menjadi tolak ukur untuk menetapkan harga yang ditawarkan (Kottler dan Keller: 2016). Pada Winny Wash Laundry menggunakan harga yang sama dengan kompetitor namun karena kelebihan yang dimiliki laundry ini seperti alat yang digunakan, kebersihan pakaian, kerapian dan pelayanan yang baik membuat harga yang ditawarkan oleh laundry ini mampu menarik minat dari para pelanggan sehingga usaha ini mampu terus berkembang dan berapa pada tahap kematangan bisnis.

Dengan mampu membaca peluang pasar yang ada tentunya akan mempermudah untuk menentukan dan menerapkan strategi harga yang akan digunakan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal sehingga dapat mengembangkan bisnis dengan proyeksi pendapatan dan tujuan jangka panjang yang akan dilakukan membuat membuat pemilik usaha saat ini sudah memiliki 3 cabang usaha laundry di kota medan dan mampu bertahan hingga saat ini. Karena bisnis yang baik berasal dari strategi yang baik.

Artikel ini adalah publikasi tugas mata kuliah Marketing Management dengan Dosen Pengampu: Onan Marakali Siregar S.Sos., M.Si/  Ummi Salamah Sitorus, S.AB, M.M

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pengaruh Kompensasi, Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada PT Jasa Raharja Kota Medan)

redaksi

Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Mahasiswa yang Melenceng dari Implementasi Nilai-nilai Pancasila

redaksi

Pengaruh Media Sosial dalam Penyebaran Paham Radikalisme

redaksi