SUARA USU
Kabar Kampus

UKM Inkubator Sains USU adakan webinar bertajuk ‘Bincang-bincang PKM’

Oleh: Cory Patricia

Suara USU, Medan. UKM inkubator sains USU mengadakan webinar yang membahas program kreativitas mahasiswa (PKM) pada Minggu, 16 Januari 2022. Webinar ini diadakan secara virtual lewat platform zoom meeting dengan mengusung tema “Tips & Trick Lulus PKM Tahun 2022”.

Acara ini dipandu oleh Herlina Sidabutar yang merupakan anggota Divisi Ilkes Inkubator Sains Batch 13. Narasumber yang diundang untuk menjabarkan materi adalah peraih medali emas di PIMNAS ke-34 kategori kelas 4 karya cipta yaitu Millads Anwary Fandiaz.

Dalam materinya, Millads menambahkan bahwa tingkat kreativitas menjadi nilai paling besar dalam penilaian untuk PKM. Ia menjelaskan bahwa sumber kreativitas yang bisa dijadikan ide untuk materi PKM bisa muncul jika kita terus mempertanyakan masalah yang ada dilingkungan kita yang belum ditemukan solusinya.

Untuk PKM sendiri, tingkat kreativitas itu paling besar nilainya diantara yang lain. Mekanya disini aku mau sedikit berbagi, bagaimana sih caranya dapat ide yang bagus. Semuanya ya berdasarkan dari sering bertanyalah. Kita tanya aja hal-hal yang menurut kita aneh, entah apapun itu. Banyak permasalahan yang bisa kita selesaikan kalau kita terus bertanya,” Ungkap Millads

Millads juga menyarankan untuk memanfaatkan internet dalam mencari data dan informasi yang dapat dijadikan referensi untuk menganalisis masalah yang akan dijadikan ide dalam proposal PKM.

“Seperti yang kita ketahui di industri 4.0 itu sekali data yang dapat kita terima begitu. Too much information lah yang kita lihat di internet. Nah bagaimana caranya kita bisa menginterpretasi dan menganalisis data-data yang ada itu,” tutur Millads

Dalam pelaksanaan tahap PKM menuju tahap pimnas, Millads menjelaskan bahwa mematuhi aturan menjadi kunci untuk meloloskan proposal PKM. Sedikit saja aturan yang dilanggar saat mengajukan proposal PKM, dapat menggagalkan proposal tersebut. Bahkan hal yang sangat sepele sangat diperhitungkan dalam pengajuan proposal PKM.

“Aturan yang ada dipenulisan proposal ini harus dipatuhi banget. Bahkan se sederhana halaman pun harus diperhitungkan. Semua aturan itu harus benar-benar dipatuhi karena awal jugal nilai proposal itu sangat penting. Jadi jika proposal yang salah tidak begitu baik apalagi karena engga sesuai aturan ya bisa jadi engga lolos,” tutup Millads

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, mempersembahkan sertifikat kepada narasumber, dan dokumentasi.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

#SayNoToPlagiarism, HMA Gelar Seminar Mata Kuliah Umum Konsentrasi

redaksi

GMKI FP USU Adakan Kegiatan GMKI Mengajar

redaksi

Fakultas Kedokteran USU Adakan Kegiatan BTS Selama Ramadhan

redaksi