Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

UKM Klinik Tanaman USU Adakan Seminar Nasional Bahas Hama dan Penyakit Tumbuhan

Penulis : Kurniadi Syahputra

SUARAUSU,Medan. UKM Klintan (Klinik Tanaman) telah melangsungkan Seminar Nasional “Strategi Perlindungan Tanaman dalam Memperkuat Sistem Pertanian Pada Revolusi Industri” Pada Sabtu (16/11) yang bertempat di Aula Soeratman Fakultas Pertanian USU.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Power Plant Protection Fair yang menghadirkan ratusan peserta dari berbagai jurusan di USU. Kegiatan ini dibuka  Irda Safni SP, M.CP, Ph.D selaku Pembina dari UKM Klintan

Dalam sambutannya, Dosen Agroteknologi ini juga berujar mengenai pentingnya perlindungan tanaman untuk mencegah penyakit tanaman “Semoga Seminar P3F ( Power Plant Protection Fair) ini mampu menjadi pemacu semangat mahasiswa Pertanian khusunya yg berfokus Pada Hama dan penyakit tanaman untuk mendalami perihal strategi Perlindungan Tanaman” sambutnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh pemateri yang professional dalam bidang hama dan penyakit tanaman. Yakni, Marioni,S.P.,MM  selaku Kepala UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut yang  membawakan materi mengenai potensi dan keunggulan komoditas pangan seperti padi, jagung,  kedelai, dll serta pemaparan mengenai tantangan hama baru yg ada di provinsi Sumatera Utara. Selain itu, kegiatan ini juga turut mengundang  Dr. Tri Harjaka, S.P, M.P. selaku Dosen Hama dan Penyakit Tanaman UGM yg membawakan materi mengenai hama dan penyakit tanaman Padi , tebu dan sawit serta memaparkan mengenai cara mengantisipasi serangan hama pada tahun-tahun selanjutnya di Indonesia. Serta, Hasrul, S.P.,MP. Selaku Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan yang membawakan materi mengenai peran Balai karantina Pertanian terhadap penanggulangan hama dan penyakit tanaman di Sumatera Utara.

Selain berfokus pada permasalahan Hama dan Penyakit Tanaman, seminar kali ini juga mengangkat isu terkait hama tanaman yg sedang berkembang dan strategi perlindungan serta pembasmian hama tanaman.

Ketua Panitia P3F ,Debby Candra Siagian menuturkan bahwa Acara P3f ini merupakan acara terbesar dari UKM Klintan, yg memfokuskan pada permasalahan Hama dan cara pencegahan maupun perlindungan tanaman.

Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus menjadi agenda lomba Fotografi dan Paper yg diseleksi melalui pendaftaran dan pengiriman karya yg dimulai awal oktober hingga akhir oktober lalu, kegiatan ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba Poster dan Fotografi serta pemberian hadiah doorprize kepada peserta yang beruntung.

Redaktur Tulisan : Putri Narsila

Related posts

Viral Nyanyian Profesor USU Dibuat Hanya Dalam Satu Hari

redaksi

KOMPAS USU Hijaukan Hulu Sungai Deli

redaksi

Pema FMIPA USU Harapkan Keringanan UKT Semester Depan

redaksi