Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Entertaiment

7 Rekomendasi Podcast untuk Kamu Dengarkan Selama di Rumah Aja!

Penulis : Yulia Putri Hadi

SUARA USU, MEDAN. Anak millennial mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya podcast. Podcast merupakan konten berbentuk audio. Podcast dan radio mirip tapi tidak sama. Radio didengarkan menggunakan pemancar frekuensi, sehingga mau tidak mau kita harus mengikuti jadwalnya serta mendengarkan berita, informasi, juga iklan yang sedang disiarkan. Sedangkan podcast didengarkan secara online, jadi kita perlu mengunduh lalu bisa mendengarkannya kapan saja dan bisa memilih kategori topik yang kita minati.

Namun, kini muncul model Podcast yang dibuat oleh beberapa channel YouTube. Podcast yang diadopsi menjadi konten Youtube ini berupa rekaman suara namun tanpa video yang ditampilkan.

Nah, buat kamu yang sedang kesepian selama di rumah aja dan sudah lama tidak berbincang-bincang dengan teman, mendengarkan podcast bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luangmu. Dengan mendengarkan konten monolog maupun dialog, akan serasa membuat kita sepeti mengobrol dengan teman.

Oh iya, selain untuk menghibur diri, mendengarkan podcast juga akan menambah wawasanmu tentang hal-hal baru. Kamu bisa mendengarkan berita, pembahasan mengenai ilmu pengetahuan, cerita-cerita inspiratif hingga motivasi.

Podcast berasal dari fitur yang disediakan oleh raksasa elektronik Apple yang muncul kisaran tahun 2005 dan mulai tahun 2007 menjadi terkenal dikalangan pengguna Apple. Tetapi jangan khawatir, sekarang sudah bisa diakses dan digunakan dengan smartphone apapun

Podcast dapat didengarkan melalui aplikasi Spotify, Soundcloud, Anchor, Google Poscast ataupun Apple Podcast. Kamu tinggal menginstall aplikasinya, kemudian search langsung channel podcast yang ingin kamu dengarkan.

Berikut ini beberapa channel podcast yang direkomendasikan untuk kamu dengar selama di rumah aja. Yukk, simak selengkapnya!

  1. Menjadi Manusia

Tidur, Nak. Mak tahu kau ingin secepat mungkin kabur dari pahit dan luka masa lalu. Tapi, Nak, jangan semuanya kau lupakan. Percayalah, dari balik kesedihan akan kau temukan makna baru.”

Kutipan di atas merupakan sepotong bait dari salah satu puisi di channel podcast ini yang berjudul “Tidur, Nak”, berisikan nasehat dari seorang ibu kepada anaknya untuk beristirahat sejenak dari lelahnya hidup yang dijalani.

Menjadi Manusia menyajikan cerita mengenai kehidupan dengan bermacam sudut pandang yang ditulis oleh berbagai narasumber. Mendengarkannya membuat kita serasa sedang berbagi cerita dengan seorang teman dan menyimak berbagai masalah yang dekat dengan kehidupan kita, mulai dari masalah yang sepele hingga yang serius.  Kamu yang sedang butuh solusi maupun inspirasi, dengarkanlah! 

  • Do You See What I See

Podcast yang berisi kumpulan cerita horror yang merupakan kisah nyata ini tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh para penikmat cerita horror. Di channel ini, para pemilik cerita sendiri yang langsung menceritakan kisahnya. Hingga saat ini, Do You See What I See sudah memiliki 268 episode, kamu bisa memilih judul mana yang ingin kamu dengarkan. Dengan mendengar, kita bisa lebih memainkan imajinasi membayangkan ceritanya ketimbang menonton film horror. Ditambah pula dengan backsound yang semakin membuat bulu kuduk merinding. Berani mendengarkannya sendirian?

  • Secangkir Puisi Sebait Kopi

Dari namanya sudah ketebak ya? Yaps! Podcast ini berisikan puisi atau bait-bait singkat yang dibacakan dengan diiringi musik sebagai penyelaras rasa. Tema puisinya beragam, ada tentang cinta, sahabat, kehidupan, dan lainnya. Cocok banget buat kamu yang hobi bersendu ria dengan kalimat-kalimat puitis. Puisi-puisi di channel podcast ini merupakan karya si pemilik channel, Budi Wirawan. Ditambah dengan puisi-puisi kiriman orang lain.

  • Box2Box

Podcast ini cocok buat kamu para pecinta sepakbola. Podcast yang digawangi Pangeran Siahaan ini merupakan podcast yang berbicara apa saja soal sepakbola dari segala penjuru, terutama sepak bola top Eropa. Kita juga akan ditemani oleh para professional berbagai bidang, dari analisator sepak bola hingga pelatih.

  • Asumsi Bersuara

Kamu yang tertarik dengan isu-isu politik, current affairs, dan kultur pop, terutama para mahasiswa di bidang sosial politik atau hukum, harus mendengar channel podcast yang satu ini! Asumsi membahas berbagai macam isu lokal hingga isu internasional dengan mengundang aktivis dan ahli-ahli pada bidangnya. Meskipun membawakan topik-topik yang berat, Asumsi menggunakan bahasa yang sederhana dan santai sehingga cerita-ceritanya mudah dipahami. Asumsi percaya bahwa media sangat berperan dalam pendidikan politik bagi masyarakat.

  • PODKESMAS

PODKESMAS adalah kependekan dari Podcast Kesehatan Masyarakat. PODKESMAS dibawakan oleh Surya Insomnia, Imam Darto, dan Ananda Omesh, kamu bisa bayangin apa jadinya jika orang-orang gokil ini ada di satu konten yang sama, tentu akan membuat kamu tertawa lepas. Mereka mengobrol tentang tema-tema yang random di sini. Saat ini, PODKESMAS berada di peringkat teratas podcast di Spotify lho! Yuk, dengerin, terutama buat kamu yang udah lama tidak tertawa.

  • Makna Talks

Obrolan-obrolan di Makna Talks sangat seru untuk didengarkan lho. Iyas Lawrence, sebagai host, di sini melakukan tanya jawab dengan public figure yang inspiratif. Makna Talks direkomendasikan untuk kamu yang ingin memperluas wawasanmu mengenai perihal kehidupan sehari-hari. Kamu juga bisa mengasah skill bahasa Inggris-mu, karena konten di channel ini sesekali menggunakan bahasa Inggris. Jangan khawatir akan tidak mengerti, bahasa Inggris yang digunakan sederhana dan mudah dipahami, kok.

Nah, itu dia beberapa channel Podcast yang bisa menemanimu selama di rumah aja, tentunya di waktu luang ya. Pastikan tugas-tugas atau kewajibanmu sudah terlaksanakan agar bisa mendengarkannya dengan santai.

Jadi, mau dengar channel yang mana duluan, nih?

Redaktur : Supri Alvin

Related posts

Genre Musik Yang Tepat Untuk Menemani Anda Berolahraga

redaksi

Makna Toleransi Lagu “Kasih Putih” Glenn Fredly

redaksi

Bangkitnya Lagu-Lagu Jawa di Industri Musik Tanah Air

redaksi