SUARA USU
Musik

Abadinya Kisah Kita Lewat Lagu “Kota Medan Sore Itu”, Yuk Intip Fakta Menarik Dibaliknya

(sumber: youtube.com)

Reporter: Indira Rivany

Suara USU, Medan. Lagu “Kota Medan Sore Itu” adalah sebuah single yang merupakan bagian dari Extended Play (EP) atau mini album “Retrospeksi Kota Medan” yang dirilis band 1080 pada 28 Desember 2023.

 

Takkan kulupa

Masa-masa bersamamu

Kota Medan Sore Itu

Ditemani Tawamu

 

Secara garis besar, lagu “Kota Medan Sore Itu” bercerita tentang segala kenangan seseorang bersama pasangan yang ia cintai di Kota Medan saat  sore hari. Akan tetapi, lagu “Kota Medan Sore Itu” dikemas tidak hanya terbatas pada cinta sebuah pasangan.

“Namun kami juga mengemasnya untuk tidak hanya terbatas pada cinta sebuah pasangan, lagu ini bercerita cinta secara universal dengan sahabat – sahabat kita mengukir kenangan di Kota Medan.” Ungkap Rafie, vocalist band 1080.

1080 mengakui “Kota Medan Sore Itu” merupakan salah satu karya terbaik mereka sejauh ini. Bukan sekedar nyanyian, ternyata lagu “Kota Medan Sore Itu” menyimpan banyak fakta menarik dibaliknya. Kira – kira apa faktanya? Simak dibawah ini.

  1. Keseluruhan Lagu Dikerjakan dan Diproduksi Sendiri

Lagu “Kota Medan Sore Itu” ditulis oleh Muhammad Fachrur Razie (Basist) dan Muhammad Rafie Akbar (Vocalist) dan turut diaransemen bersama dengan personil 1080 lainnya yaitu Hari Syahputra (Rhytm Guitarist), Indygo Rizadi (Lead Guitarist), Aurick Muhammad (Drummer) dan Muhammad Fiqri Al-Farisi (Keyboardist). Dan diproduseri oleh Hari Syahputra.

  1. Personil 1080 Mahasiswa USU Aktif

Personil 1080 merupakan mahasiswa aktif Universitas Sumatera Utara, Muhammad Rafie berasal dari Fakultas Hukum, Muhammad Fachrur Razie dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Aurick Muhammad yang merupakan mahasiswa FASILKOM-TI.

  1. Menjadi Trend di Kota Medan

“Kota Medan Sore Itu” berhasil memperoleh ratusan ribu tayangan di platform TikTok disertai bermunculannya beragam template di media CapCut. Bukan hanya itu, lagu tersebut sempat menjadi tren di Kota Medan dengan banyaknya pengguna TikTok yang mengunggah indahnya pemandangan Kota Medan berlatar belakang lagu “Kota Medan Sore  Itu”

  1. Tercipta Sebagai Bentuk Cinta Kota Medan

Terciptanya lagu ini merupakan simbol dari bentuk kecintaan 1080 terhadap Kota Medan.

“Makna yang terdapat dalam lagu ini adalah bentuk kecintaan 1080 terhadap Kota Medan. Cara kami menyampaikan cerita tentang kota ini adalah dengan membuat mini album tentang kota medan yang spesifiknya sebuah lagu yang berjudul “Kota Medan Sore Itu” yang dapat membekas di setiap hati orang Medan.” Kata Rafie.

  1. Lagu Ditulis Secara Jarak Jauh dan Memakan Waktu Yang Lama

1080 mengungkapkan proses pengerjaan lagu di mini album memakan waktu yang relatif lama dikarenakan tiga personil band yang saat itu berada di kota yang berbeda menempuh pendidikan. Dikerjakan secara jarak jauh dimana pertama kali Razie di Medan mendapatkan ide dan nada, selanjutnya dikembangkan dan ditulis liriknya oleh Rafie yang saat itu sedang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa mewakili USU di University Teknologi MARA, Malaysia.

Ternyata banyak fakta – fakta menarik dibalik lagu “Kota Medan Sore Itu” yang belum diketahui publik. Sobat Suara USU, udah dengerin lagu dari 1080 yang ini belum? Yuk, dengerin lagunya sambil mengenang keabadian kisah kita bersama melalui saluran musik kesukaan kalian.

Redaktur: Fatih Fathan Mubina

Related posts

Lagu Visiting Hours oleh Ed Sheeran: Andai Ada Waktu Berkunjung Setelah Kematian

redaksi

”Hati-Hati di Jalan” Single Terbaru Tulus yang Kini Ramai di Kalangan Masyarakat

redaksi

Wake Me Up When September Ends, Kisah Pilu Kehilangan Sosok Ayah

redaksi