SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Bank Indonesia Adakan BIncang Rupawan 2023

Reporter: Anggi Nadeak/Josya Silitonga 

Suara USU, Medan. Acara BIncang RUPAWAN (Rupiah dan Pahlawan) 2023 yang bertajuk “Inspirasi Pahlawan Bagi Generasi Muda Menuju Indonesia Maju” diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada, (10/11) di Gedung Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU). Acara tersebut terbuka untuk umum dan dalam pelaksanaannya dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari kurang lebih 8 universitas.

Kegiatan tersebut berisikan 7 sesi penyampaian materi yakni Talkshow, Sosialisasi dan Edukasi, Showcasing Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, Sendratari Rupiah Pemersatu Bangsa, Band Ethnic Performance, Kas Keliling serta yang terakhir Games & Quiz Kahoot.

Acara tersebut diawali dengan tarian daerah Sumatera Utara, lalu masuk ke sesi games dengan media Kahoot, kemudian setelahnya dilanjutkan dengan kata sambutan. Pada penyampaian sesi talkshow dimulai dengan 5 narasumber, yakni : Brigjen David Hatigoran Hutagaol (Kodam I/BB), Prof. Dr. Muzakkir (UINSU/Tokoh), Hari Widodo (Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI), Prof. Dr. Budi Agustono (USU/Sejarawan), dan Namira Purba (Aktivis Lingkungan).

Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pahlawan dan dikaitkan dengan edukasi peran rupiah dalam kehidupan sehari-hari, tepatnya CBP atau Cinta-Bangga-Paham Rupiah. Acara ini dilakukan untuk mensosialisasikan CBP sehingga diharapkan para peserta yang hadir dapat mempraktekkan CBP dalam keseharian.

“Banyak sekali yang saya dapat dari seminar yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di tanggal 10 kemarin. Sedari masuk ke lokasi acaranya sudah disuguhkan dengan beragam pameran edukasi seputar rupiah. Mulai dari sejarah perkembangan uang rupiah hingga saat ini, tampilan uang rupiah kertas yang belum dipotong, mesin pengecek uang rupiah palsu atau asli, dan masih banyak lagi,” Ujar Nia Hutagalung salah satu peserta seminar.

Ia menambahkan, “Selain itu saya juga ditawarkan untuk bermain game menggunakan aplikasi AR Rupiah yaitu sebuah media edukasi rupiah digital berbentuk aplikasi Augmented Reality yang dirilis oleh Bank Indonesia. Pada sesi talkshow yang menghadirkan speaker-speaker yang relevan dengan inspirasi pahlawan, saya mendapatkan banyak pengetahuan bagaimana kita harus Cinta-Bangga-Paham Rupiah serta bagaimana pahlawan bisa menginspirasi generasi muda menuju Indonesia maju. Pada seminar tersebut juga diadakan sesi kuis dengan menggunakan Kahoot, yang dimana pemenang dari kuis ini mendapatkan hadiah berupa e-money dari Bank Indonesia.”

Chandra Tanuwijaya salah satu perwakilan GenBI USU juga menyampaikan kesannya, “Tentunya acara yang menarik dan seru yang di selenggarakan oleh Bank Indonesia dalam memperingati Hari Pahlawan dengan rangkaian kegiatan talkshow dari berbagai narasumber yang ahli di bidangnya. Ini menumbuhkan kesadaran dan rasa bangga dan cinta rupiah.”

“Kami berharap kesuksesan untuk semua pihak, untuk mahasiswa mari menumbuhkan rasa cinta, bangga, dan paham terhadap nilai rupiah. Kami berkomitmen untuk menyelenggarakan lebih banyak kegiatan di masa depan dan bersemangat lebih besar lagi,” tutup Chandra menyampaikan harapannya.

Redaktur: Tamara Ceria Sairo

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Food Estate Kalimantan Tengah, Resep Instan Antisipasi Krisis Pangan Yang Kontroversial

redaksi

Pengenalan Cagub-Cawagub PEMA Psikologi Melalui Psikologi Bertanya

redaksi

Paduan Suara U.L.O.S USU Raih Gold Medal di Ken Steven International Choral Festival 2022

redaksi